Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 Kalteng Putra vs PSM Makassar: Rekor Tandang Terburuk

Minggu, 10 November 2019 19:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Adryan Adirizki Rahmat/INDOSPORT
Berikut hasil pertandingan dari kompetisi Shopee Liga 1 2019 yang mempertemukan Kalteng Putra vs PSM Makassar di Stadion Tuah Pahoe, Minggu (11/10/19). Copyright: © Adryan Adirizki Rahmat/INDOSPORT
Berikut hasil pertandingan dari kompetisi Shopee Liga 1 2019 yang mempertemukan Kalteng Putra vs PSM Makassar di Stadion Tuah Pahoe, Minggu (11/10/19).

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan dari kompetisi Shopee Liga 1 2019 yang mempertemukan Kalteng Putra vs PSM Makassar di Stadion Tuah Pahoe, Minggu (11/10/19). Skor akhir 3-1 untuk keunggulan Laskar Isen Mulang, dan Juku Eja kembali meraih hasil minor saat bermain tandang.

Kalteng Putra tampil beringas di hadapan suporter, dan sudah menciptakan peluang sejak menit awal jalannya pertandingan babak pertama. Cukup mengejutkan ketika tendangan bebas dari sisi kiri yang dilakukan I Gede Sukadana berbuah gol di menit kelima.

Empat pemain bertahan PSM Makassar gagal membaca arah bola, yang akhirnya dilambungkan oleh Elthon Maran cukup pelan, namun justru mengecoh antisipasi dari kiper Rivky Mokodompit. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Kaget dengan gol cepat tersebut, PSM Makassar mulai panas dan balas menyerang. Sayangnya hingga lima belas menit berselang, tak ada gol yang berhasil diciptakan oleh Zulham Zamrun dan kawan-kawan.

Kalteng Putra justru menambah keunggulan melalui serangan tunggal Eydison Teofilo Soares, memanfaatkan kesalahan dari Rivky Mokodompit yang terlanjur maju ke depan kotak penalti dan membiarkan gawangnya tanpa pengawalan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Tertinggal dua gol, pelatih Darije Kalezic langsung menarik keluar Zulham Zamrun dan menukarnya dengan pemain bertahan, Aji Kurniawan. Strategi ini terbukti efektif dan membuahkan gol untuk PSM Makassar di menit ke-39.

Berawal dari umpan lambung yang disundul Raphael Maitimo, kemudian disambut Aji Kurniawan di dalam kotak penalti. Sempat mendapat gangguan dari bek Kalteng Putra, namun hal itu justru mengecoh pandangan kiper Reky Rahayu dan tercipta gol yang tak diduga.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Memasuki babak kedua, Kalteng Putra memilih untuk bermain bertahan. Pelatih Gomes de Oliveira mengganti striker Elthon Maran guna menambah pemain bertahan, Fajar Handika.

Sementara PSM Makassar tentu berupaya menambah daya gedor tim untuk setidaknya menyamakan kedudukan. Ferdinand Sinaga masuk menggantikan bek Benny Wahyudi di 20 menit akhir jalannya laga babak kedua.

Namun, Kalteng Putra justru menggandakan keunggulan lewat gol Takuya Matsunaga di menit ke-82. Rivky Mokodompit gagal menahan bola atas dan kembali kebobolan untuk yang ketiga kalinya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Skor akhir 3-1 memastikan Kalteng Putra meraih tiga poin dan beranjak ke posisi ke-16, sementara PSM Makassar memperpanjang rekor tanpa kemenangan di laga tandang, meski saat ini masih berada di peringkat kesembilan klasemen sementara Liga 1 2019.

Susunan Pemain:

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (GK); Kevin Gomes de Oliveira, Rafael Bonfim, Wasyiat Hasbullah, Abdul Rahman Abanda; I Gede Sukadana, Pandi Lestaluhu, takuya Matsunaga; Elthon Maran, Eydison Teofilo Soares, Yohanes Pahabol

PSM Makassar (4-4-2): Rivky Mokodompit (GK); Aaron Evans, Beny Wahyudi, Hasim Kipuw, Taufik Hidayat; Marc Klok, Rizky Eka Pratama, Raphael Maitimo, Rizky Pellu; Zulham Zamrun, Amido Balde