Liga Indonesia

Proses Gol Kalteng Putra Dipuji Pelatih PSM Makassar

Jumat, 8 November 2019 11:42 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© Media AFC
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic melayangkan pujian terkait proses gol Kalteng Putra ke gawang timnya. Copyright: © Media AFC
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic melayangkan pujian terkait proses gol Kalteng Putra ke gawang timnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, memuji proses gol Kalteng Putra yang terjadi dimenit ke-17 melalui Pandi Ahmad Lestaluhu dalam laga pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019.

Kalteng Putra gagal membawa pulang poin dari Stadion Andi Mattalatta Mattoanging (AMM), Makassar, setelah takluk 1-2 dari tuan rumah PSM Makassar, Rabu (6/11/19).

Namun, satu-satunya gol Laskar Isen Mulang melalui skema serangan yang rapih dan melibatkan sejumlah pemain itu mendapatkan pujian dari mantan pelatih Jong PSV tersebut.

"Gol terjadi melalui serangan cepat saat mereka melakukan transisi. Perubahan sisi permainan dari kiri ke kanan sangat cepat sehingga tercipta ruang untuk mencetak gol," puji Darije Kalezic pasca laga usai.

Gol Pandi Lestaluhu memang terjadi melalui skema yang apik. Diawali pergerakan Elthon Maran di sisi kiri penyerangan Kalteng Putra, bola kemudian diberikan kepada Eydison yang berada di tengah jantung pertahanan PSM.

Eydison lalu memberikan bola kepada I Gede Sukadana yang mampu menyadari pergerakan tanpa bola bek sayap kanan Wasyiat Hasbullah lalu melepas umpan terobosan yang maju membantu penyerangan.

Berdiri bebas di dalam kotak penalti PSM, Wasyiat tanpa fikir panjang melepas umpan mendatar yang memanjakan Pandi Lestaluhu dan berdiri tanpa pengawalan di mulut gawang Rivky Mokodompit.

Gol Kalteng Putra itu pun mematahkan prediksi Darije Kalezic yang sehari sebelumnya mengatakan bahwa lawannya tersebut hanya akan fokus bertahan dan memanfaatkan serangan balik untuk membuat gol.

Saat ini, PSM Makassar berada diurutan kesembilan di klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan torehan 36 poin dari 24 laga, sedangkan Kalteng Putra di dasar klasemen atau di urutan ke-18 alias zona degradasi dengan raihan 23 poin dari 26 pertandingan.