Bola Internasional

Thailand Catatkan Rekor Buruk di Piala Asia Usai Kalah dari Malaysia

Senin, 11 November 2019 03:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Coro Mountana
© instagram.com/changsuek/
Pemain Thailand dan Kamboja Berebut Bola di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 Copyright: © instagram.com/changsuek/
Pemain Thailand dan Kamboja Berebut Bola di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020

INDOSPORT.COM - Timnas Thailand catatkan rekor buruk dalam ajang Piala Asia U-19, setelah mereka menelan kekalahan dari Malaysia pada Minggu (10/11/19) malam WIB.

Pada pertandingan terakhir babak Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Timnas Thailand yang tergabung dalam Grup G kembali menuai hasil buruk dengan kalah tipis 0-1 dari Malaysia. Gol semata wayang Harimau Malaya muda dicetak oleh Umar Hakeem Suhar Redzuan pada menit 84'.

Kekalahan tersebut membuat Thailand yang mendapat julukan raja di kawasan Asia Tenggara harus puas mengakhiri babak kualifikasi di peringkat ketiga, yang artinya gagal melangkah ke babak utama Piala Asia U-19 tahun depan.

Pasalnya hanya tim peringkat pertama dari 11 Grup serta empat tim runner up terbaik dari babak kualifikasi yang berhak melangkah ke putaran final Piala Asia U-19 2020.

Kegagalan Thailand tampil di Piala Asia U-19 pun menjadi rekor terburuk baru bagi The Young War Elephants, sebab untuk kali pertama dalam 26 tahun terakhir Timnas Thailand U-19 gagal lolos dari babak kualifikasi.

Terakhir kali Timnas Thailand U-19 gagal tampil di Piala Asia U-19 terjadi pada tahun 1990, dalam gelaran Piala Asia U-19 di Indonesia. Selain itu, Thailand juga mengulang catatan buruk mereka tahun 1986 hingga 1988 yang juga gagal tampil di Piala Asia U-19.

Kegagalan Thailand U-19 melangkah ke Piala Asia sejatinya cukup mengejutkan, sebab dalam dua laga awal babak kualifikasi tim besutan Issara Sritaro tersebut tampil sangat menggila. 

Mereka mampu mencetak 30 gol tanpa satu pun kebobolan, namun di laga ketiga dan keempat Thailand tampak kedodoran mereka bahkan kalah dari tim 'kelas teri' Kamboja dengan skor 2-1.

Dengan absennya Thailand, peluang Timnas Indonesia U-19 yang telah memastikan diri tampil di Piala Asia tahun depan untuk menjadi raja baru ASEAN pun bisa terwujud, namun dengan syarat bisa bermain maksimal seperti di Piala Asia 2018 silam di mana skuat Garuda mampu melangkah hingga babak quarter-finals.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
67%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%