Liga Inggris

Detik-detik VAR Abaikan Handball Alexander-Arnold di Laga Liverpool vs Manchester City

Senin, 11 November 2019 10:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Kontroversi Video Assistant Referees (VAR) yang mengabaikan handball Trent Alexander-Arnold, tercipta di laga Liga Inggris antara Liverpool vs Manchester City, Minggu (10/11/19) kemarin.

Para pecinta sepak bola baru saja dimanjakan oleh duel panas dua tim raksasa Liga Inggris, Liverpool vs Manchester City. Pertandingan yang dihelat di Anfield Stadium tersebut, diakhiri dengan skor 3-1 untuk kemenangan Liverpool.

Meski laga sudah berakhir dari tadi malam, kehebohan publik tentang pertarungan Liverpool vs Manchester City masih terasa hingga kini. Terutama terkait keputusan kontroversi wasit dan VAR yang mengabaikan handball bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

Kejadian berawal saat Manchester City coba menekan pertahanan Liverpool pada menit-menit awal babak pertama. The Citizen melakukan serangan dari sisi sayap kanan yang diisi Bernardo Silva.

Mendapatkan ruang di area kiri pertahanan Liverpool, Bernardo Silva langsung melepaskan umpan menyilang ke dalam kotak penalti. Umpan yang dilayangkan Bernardo Silva gagal menjangkau rekannya, akibat mendapat halauan Alexander-Arnold.

Bernardo Silva dan sejumlah pemain Manchester City lainnya langsung melancarkan protes kepada wasit. Mereka merasa melihat Alexander-Arnold telah menyentuh bola dengan tangan kala menghalau umpan Bernardo Silva.

Wasit yang memimpin laga, Michael Oliver, lantas mempertimbangkan protes pemain Manchester City melalui VAR. Hasilnya nihil, keputusan VAR ternyata tak menganggap insiden sebagai handball dan pertandingan terus berlanjut.

Kalau ditelaah dalam tayangan ulang rekaman VAR, bola hasil umpan Bernardo Silva memang terlihat mengenai bagian tangan kanan Alexander-Arnold. Banyak yang berpendapat bahwa VAR dan wasit harusnya menyatakan pelanggaran, sekaligus memberikan penalti untuk Manchester City.

Sayangnya, tak lama setelah kontroversi VAR terjadi, Liverpool berhasil menjebol gawang Manchester City lewat aksi Fabinho. Bahkan Liverpool bisa unggul tiga gol terlebih dahulu, sebelum mengakhiri laga dengan kemenangan 3-1.