Liga Indonesia

4 Negara yang Bisa Jadi Rival Berat Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia

Selasa, 12 November 2019 06:30 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan antara Indonesia U-19 vs Korea Utara U-19. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan antara Indonesia U-19 vs Korea Utara U-19.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-19 telah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-19 2020, namun keberhasilan itu tak bisa dirayakan lama-lama karena kita sudah ditunggu rival berat, siapa saja?

Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos dari babak kualifikasi Piala Asia U-19 setelah menjadi juara grup K yang berisi Korea Utara, Malaysia, dan Timor Leste. Di grup K, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Hong Kong dan Timor Leste, serta menahan imbang Korea Utara.

Pencapaian lolos ke Piala Asia U-19 2020 menjadi sebuah pengulangan di edisi sebelumnya tepatnya di 2018. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil tampil di Piala Asia dan bertahan hingga babak perempatfinal sebelum disingkirkan Jepang.

Namun saat itu Timnas Indonesia U-19 memang bertindak sebagai tuan rumah sehingga mendapatkan tiket gratis. Sedangkan kali ini, Timnas Indonesia U-19 mendapatkan tiket ke Piala Asia U-19 dengan cucuran keringat dan darah di babak kualifikasi.

Sehingga wajar jika keberhasilan lolos ke babak utama patut dirayakan, hanya saja itu tak perlu sampai berlarut-larut karena di Piala Asia, lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-19 jauh lebih berat. Setidaknya ada 4 negara yang berpotensi jadi rival berat Timnas Indonesia U-19.

Malaysia

Pertama ada Malaysia yang berhasil lolos ke Piala Asia U-19 2020 setelah menjuarai grup Grup G yang berisikan Kamboja, Thailand, Brunei Darussalam, dan Kepulauan Mariana Utara. Seperti yang kita tahu, perseteruan Malaysia dan Timnas Indonesia selalu memanas baik itu di berbagai usia.

Kemungkinan Timnas Indonesia U-19 bertemu Malaysia pun terbuka lebar setelah mereka berada di pot yang berbeda. Timnas Indonesia ada di pot kedua dan Malaysia di pot ketiga dalam pengundian grup, menarik untuk dinanti duel panas itu.

Jepang

Memang secara kualitas, Jepang jelas jauh di atas Timnas Indonesia U-19. Namun perlu diingat kalau Jepang adalah negara yang menyingkirkan Timnas Indonesia U-19 di perempatfinal Piala Asia U-19 2018.

Timnas Indonesia U-19 memang saat itu kalah 0-2 dari Jepang, tetapi secara permainan sepintas kita masih bisa memberikan perlawanan yang cukup sengit. Jepang sendiri berada di pot kedua yang artinya tidak akan ketemu Timnas Indonesia U-19 di grup, tapi di 8 besar mungkin bisa ketemu lagi.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Saddil Ramdani bersama Resky Fandi (Kiri) menundukkan kepala usai Timnas Indonesia U-19 kalah dari Jepang U-19. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSaddil Ramdani bersama Resky Fandi (Kiri) menundukkan kepala usai Timnas Indonesia U-19 kalah dari Jepang U-19 di Piala Asia 2018.

Vietnam

Kegagalan Thailand lolos ke Piala Asia U-19 membuat status raja Asia Tenggara tampaknya perlu dipindahkan ke Vietnam. Juara Piala AFF 2018 ini memang sepertinya sudah saatnya menyandang status sebagai raja Asia Tenggara saat ini.

Apalagi Vietnam saat ini adalah negara di Asia Tenggara yang memiliki peringkat terbaik di FIFA. Semakin berbahaya bagi Timnas Indonesia U-19, Vietnam selama di babak kualifikasi kemarin, mereka mampu menahan imbang Jepang, 0-0.

Qatar

© The Peninsula Qatar
Striker Qatar U-19, Abdulrasheed Umaru yang rajin mencetak gol. Copyright: The Peninsula QatarStriker Qatar U-19, Abdulrasheed Umaru menjadi bencana bagi pertahanan Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia 2018.

Terakhir ada Qatar yang memastikan diri lolos ke Piala Asia U-19 2020 setelah menjuarai grup B yang beranggotakan Yaman, Turkmenistan dan Sri Lanka. Qatar sendiri bukan lawan yang asing bagi Timnas Indonesia U-19 karena mereka pernah bertemu di edisi lalu pada babak grup.

Bahkan pertemuan Timnas Indonesia U-19 dengan Qatar saat itu layak disebut sebagai yang terbaik karena menghasilkan skor ketat, 6-5. Melihat Qatar ada di pot pertama, besar kemungkinan Timnas Indonesia U-19 bisa bertemu lagi dengan jagoan Timur Tengah itu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
40%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
60%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%