Bola Internasional

Beto Goncalves Diragukan Tampil Bela Timnas U-22 Jadi Sorotan Media Asing

Selasa, 12 November 2019 18:30 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves saat mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves saat mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Banyak pemberitaan mengatakan bahwa Alberto Goncalves akan membela Tim Nasional Indonesia U-22 yang akan berlaga di SEA Games ke-30 yang akan diadakan di Filipina akhir bulan November mendatang.

Sejak dinaturalisasi dan melakoni debut bersama Timnas Indonesia pada 10 Oktober 2018 lalu, penyerang yang meraih gelar top skor di Liga Indonesia musim 2011/12 ini berhasil mencatatkan 10 gol dari 12 penampilannya di timnas.

Indra Sjafri memanggil penyerang kelahiran Brasil tersebut untuk menambah daya gedor timnas. Namun, salah satu media ternama Singapura, Livesports Asia, mengabarkan bahwa Beto gagal berlaga di SEA Games ke-30 mendatang karena mengalami cedera.

Media asal Singapura ini memberitakan gagalnya Beto sebagai sinyal buruk bagi Tim Nasional Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2019.

Meskipun begitu, hal tersebut belum tentu benar adanya karena Beto sendiri diketahui saat ini masih bersama dengan rombongan Timnas U-22 di Bali. Indra Sjafri juga hingga artikel ini dipublikasikan belum memberikan pernyataan apapun perihal Beto. Dirinya menjelaskan bahwa ia membutuhkan pemain yang benar-benar fit sebelum memastikan 20 nama terakhir yang diserahkan ke panitia SEA Games.

Karenanya, Beto dilaporkan baru menjalani cek medis dulu untuk dievaluasi apakah dibawa atau tidak ke Filipina.

"Dia sudah di sini, tapi lagi dievaluasi tim dokter. Karena Sabtu-Minggu dokter yang memeriksanya gak ada jadi diundur," tuturnya.

Beto disebut berada dalam kondisi tak fit. Ia bahkan tak masuk dalam skuat Madura United saat melawan Arema FC pada 8 November lalu. Hal itu yang membuat Indra Sjafri terlebih dahulu meminta agar dilakukan pemeriksaan detail.

"Karena masih ada keluhan dan saya lihat dia tidak main lawan Arema," kata Indra Sjafri

© Livesportsasia
Media Singapura, Livesports Asia, menyoroti isu Alberto Goncalves yang disebutnya gagal membela Timnas U-22 Copyright: LivesportsasiaMedia Singapura, Livesports Asia, menyoroti isu Alberto Goncalves yang disebutnya gagal membela Timnas U-22

Di sisi lain, Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat oleh Manahati Lestusen setelah pemain yang bisa bermain sebagai bek atau gelandang ini juga mengalami cedera.

Kehilangan Manahati Lestusen membuat Indra Sjafri dipastikan bakal memutar otaknya untuk mempersiapkan skuat merah putih yang akan bertanding melawan Thailand pada di Stadion Rizal Memorial besok Selasa (26/11/2019).

Indra Sjafri dikabarkan akan memanggil Evan Dimas, Hansamu Yama, atau Zulfiand untuk mengisi slot pemain yang ditinggalkan Manahati. Untuk kepastian siapa pemain yang akan dipanggil untuk mengisi pos yang ditinggalkan Manahati, pelatih Tim Nasional Indonesia U-22 tersebut enggan berkomentar lebih lanjut.

Di SEA Games edisi ke-30 mendatang, Indonesia akan berada di Grup B dan bergabung bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Laos, dan Brunei. Sebelum berangkat ke Filipina, Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan akan melakoni 2 laga persahabatan melawan Tim Nasional Iran U-22 pada tanggal 13 dan 22 November 2019.