Bola Internasional

Salah Putar Video Area Parkiran, VAR Bikin Wasit di Liga Israel Murka

Rabu, 13 November 2019 14:47 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Sky Sports
Ilustrasi Wasit melihat Video Assistant Referee (VAR). Copyright: © Sky Sports
Ilustrasi Wasit melihat Video Assistant Referee (VAR).

INDSPORT.COM – Seorang wasit sepak bola di Liga Israel dibuat marah di tengah pertandingan lantaran operator Video Asisstant Referee (VAR) salah menayangkan video sebuah kecelakaan mobil di area parkir.

Kejadian ini berlangsung saat wasit memimpin pertandingan Liga Israel antara Maccabi Haifa vs Baitar Jerusalem pada hari Senin (11/11/19). Laga ini sendiri dimenangkan oleh tim tuan rumah.

Memasuki  93 menit pertandingan, sang wasit menuju tepi lapangan meminta tayangan VAR guna memastikan kejadian handball di dalam kotak terlarang. Berikut inivideo yang dilansir dari @SportsCenter di Twitter:

Saat memeriksa layar VAR, wasit justru dibuat terkejut dengan tayangan yang diberikan. Bukannya memutar ulang kejadian handball, VAR justru menayangkan insiden kecelakaan mobil di area parkir.

Hal ini membuat sang wasit merasa geram dengan petugas yang mengelola VAR. Untungnya saja, petugas memiliki dua kamera sehingga tayangan handball masih bisa diputar kembali.

Wasit kemudian memberikan hadiah penalti kepada Maccabi, di mana tendangan penalty itu mengunci kemenangan tim atas tuan rumah dengan skor 3-1.

Kejadian salah putar video VAR ini tampaknya menjadi huburan tersendiri di dunia sepak bola, mengingat VAR saat ini masih jadi kontroversi di sejumlah liga papan atas di Eropa.

Di Liga Inggris misalnya, VAR dihujani kritik tajam dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, dan pelatih Manchester City, Pep Guardiola, usai keduanya bertemu dalam pertandingan di Anfield akhir pekan lalu.