Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persebaya Surabaya vs PSM Makassar: Klok Gagal Penalti, Bajul Ijo Menang

Kamis, 14 November 2019 17:27 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya sukses megalahkan PSM Makassar dalam laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2019, Kamis (14/11/19).

Berlangsung di lokasi normal Stadion Batakan, Balikpapan, kedua tim bermain terbuka sejak menit awal laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2019.

Bahkan PSM Makassar yang berstatus sebagai tim tamu, bisa mengancam terlebih dahulu lewat upaya Aji Kurniawan, yang sayangnya masih bisa dimentahkan Mizwar Saputra di menit ke-4.

Namun Persebaya Surabaya tak tinggal diam, dua kali upaya David da Silva akhirnya bisa membuat klub berjuluk Bajul Ijo itu unggul. Setelah di menit ke-26 tendangan mendatar David da Silva, mengecoh Rivky Mokodompit yang salah arah. Persebaya Surabaya 1-0 PSM Makassar.

Hanya butuh 13 menit, PSM Makassar langsung bisa membalas. Menit ke-39, dari tendangan di luar kotak penalti, Rizky Pellu melepaskan tendangan terarah ke pojok kiri atas gawang Mizwar. Skor berubah imbang 1-1.

Gol Rizky Pellu itu juga yang membuat skor laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2019 Persebaya Surabaya vs PSM Makassar berakhir imbang 1-1.

Babak Kedua

Di babak kedua, hanya butuh lima menit untuk David da Silva untuk membuat timnya kembali unggul. Menit ke-50, menyambut umpan lambung Aryn Williams, pemain asal Brasil itu bisa melepaskan tendangan voli keras. 2-1 Persebaya Surabaya kembali unggul.

Alih-alih menyamakan kedudukan lewat Marc Klok, PSM Makassar justru mendapatkan hukuman penalti dari wasit. Penalti diberikan setelah pemain yang baru masuk, Ezra Walian, dianggap sengaja menyentuh bola dengan tangannya.

Diogo Campos yang maju sebagai eksekutor, melepaskan bola ke sudut kanan bawah gawang Rivky Mokodompit. Persebaya Surabaya 3-1 PSM Makassar menit ke-68.

Upaya tak kenal lelah PSM Makassar baru membuahkan hasil lewat mantan penyerang Persebaya Surabaya, Amido Balde, yang tandukannya tak bisa ditepis Mizwar Saputra di menit ke-80.

Di penghujung waktu normal, PSM Makassar sempat berpeluang untuk mencuri satu poin. Sayang hadiah penalti dari wasit, gagal dieksekusi oleh Marc Klok, hingga skor tak berubah masih untuk keunggulan Persebaya Surabaya.

Tak ada lagi gol tercipta, Persebaya Surabaya pun menang dnegan skor 3-2 atas PSM Makassar di pertandingan tunda pekan ke-26 Liga 1 2019.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya, Mokhamad Syaifudin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Aryn Williams, Rendi Irwan; Oktafianus, David da Silva, Diogo Campos.

PSM Makassar (4-2-3-1): Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi, Aaron Evans, Munhar, Taufik Hidayat; Rasyid Bakri, Rizky Pellu; Rizky Eka Pratama, Marc Klok, Arip Kurniawan; Ferdinand Sinaga.

1