Liga Indonesia

Kombinasi Starting XI Persebaya vs PSM Makassar: Sama-sama 'Digerogoti' Timnas Indonesia

Kamis, 14 November 2019 13:37 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut kombinasi starting XI dari pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs PSM Makassar yang sama-sama 'digerogoti' Timnas Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut kombinasi starting XI dari pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs PSM Makassar yang sama-sama 'digerogoti' Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut kombinasi starting XI dari pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs PSM Makassar yang sama-sama 'digerogoti' Timnas Indonesia.

Pertandingan lanjutan tunda pekan ke-26 Liga 1 antara Persebaya vs PSM Makassar akhirnya bakal digelar di Stadion Batakan, Kamis (14/11/19) pukul 18.30 WIB nanti malam.

Pertemuan dua klub besar Liga 1 ini akan terasa hambar pasalnya keduanya sama-sama tanpa pemain pilar mereka yang saat ini sedang dipanggil Timnas Indonesia di berbagai jenjang usia.

PSM tak membawa Firza Andika dan Asnawi Mangkualam Bahar, di mana keduanya dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 yang terus berbenah jelang SEA Games 2019.

Sementara Persebaya lebih parah dengan lima pemain pilar mereka harus absen dari laga nanti malam. Ada nama-nama seperti Otavio Dutra, Osvaldo Haay, Rachmat Irianto dan Mochamad Supriadi.

Mochammad Supriadi baru saja selesai memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19, Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay gabung ke Timnas U-22, sementara Otavio Dutra juga gabung ke Timnas senior.

Hansamu Yama memang juga terkena akumulasi kartu kuning, jadi membela Timnas Indonesia atau tidak, dia tetap tak bisa dimainkan di laga Persebaya vs PSM Makassar.

Bahkan saking banyaknya pemain Persebaya yang gabung Timnas Indonesia di berbagai jenjang usia, Aji Santoso selaku pelatih Bajul Ijo mengungkapkan keresahannya.

"Hansamu, Dutra tidak ada, Irfan Jaya tidak ada, jadi siapa yang main? Saya dukung Timnas Indonesia, tapi mereka juga harus paham kondisi Persebaya," ucap Aji Santoso kepada awak media.

Oleh karena itu, pertandingan ini akan menyajikan dua tim klasik sepak bola Indonesia yang sama-sama pincang. Tentunya ini tak menyurutkan sedikit pun sengitnya pertandingan nanti malam.

Berikut ini, INDOSPORT tertarik untuk membuat kombinasi starting XI Persebaya vs PSM Makassar yang akan dihelat pukul 18.30 WIB nanti malam.

Kiper: Rivki Mokodompit

© Media AFC
Kiper PSM Makassar, Rivky Mokodompit (kuning), menangkap bola di udara saat melawan Kaya FC pada penyisihan grup Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor. Copyright: Media AFCKiper PSM Makassar, Rivky Mokodompit (kuning), menangkap bola di udara saat melawan Kaya FC pada penyisihan grup Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor.

Meski PSM Makassar tengah dalam tren negatif, kami memilih Rivki Mokodompit sebagai kiper dalam kombinasi Starting XI kali ini. Pasalnya, Miswar Saputra belum tentu bermain nanti sore.

Rivki sejauh ini sudah mencatat 21 penampilan bersama PSM di Liga 1 dengan kebobolan 22 gol sejauh musim ini. Dia juga sudah mencatat 8 clean sheets.

Bek: Ruben Sanadi, Aaron Evans, Hasyim Kipuw, Benny Wahyudi

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Ruben Sanadi berusaha lolos dari kawalan pemain Persidago Gorontalo. Sabtu (23/2/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTRuben Sanadi berusaha lolos dari kawalan pemain Persidago Gorontalo. Sabtu (23/2/19).

Untuk posisi bek kiri, ada Ruben Sanadi yang memang diandalkan oleh Persebaya musim ini. Dia sudah mencatat satu gol dan 5 assist dalam 23 penampilan di Liga 1 bersama Bajul Ijo.

Sementara di jantung pertahanan, ada duet bek tengah yang keduanya dari PSM Makassar. Yaitu Aaron Evans dan Hasyim Kipuw. Evans sudah diandalkan PSM sebanyak 22 kali di Liga 1.

Sementara Hasyim Kipuw yang punya posisi asli bek kanan, sudah dimainkan oleh Darije Kalezic sebagai bek tengah dalam 5 penampilannya terakhir di Liga 1.

Sementara bek kanan juga dari PSM, yaitu Benny Wahyudi yang memang diandalkan oleh Pasukan Ramang di posisi tersebut dalam empat pertandingan terakhir di Liga 1.

Gelandang: Aryn Williams, Diogo Campos, Marc Klok

© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Marc Klok berlatih secara terpisah di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Rabu (18/07/18). Copyright: Wira Wahyu Utama/Indosport.comMarc Klok berlatih secara terpisah di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Rabu (18/07/18).

Bergeser ke lini tengah, kami memakai dua gelandang tengah, yang masing-masing berguna untuk bertahan dan mengalirkan bola ke depan. Yaitu Aryn Williams dari Persebaya dan Marc Klok dari PSM Makassar.

Marc Klok memang telah menjadi salah satu gelandang yang cukup subur di Liga 1 musim ini, dengan torehan 4 gol dan 2 assist dari 20 penampilannya untuk PSM.

Sementara Aryn Williams juga baru saja cetak gol debut di laga terakhir menghadapi TIRA-Persikabo. Dari 8 penampilannya, dia selalu menjadi starter dengan catatan satu gol.

Satu lagi kami tempatkan di posisi gelandang serang, yaitu pemain asing produktif yang baru saja bergabung dengan Persebaya yaitu Diogo Campos. Dari 6 penampilannya di paruh kedua Liga 1, Campos sudah mencetak 3 gol dan 3 assist untuk Bajul Ijo.

Penyerang: Ezra Walian, Amido Balde, Oktafianus Fernando

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ezra Walian resmi gabung PSM Makassar. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTEzra Walian resmi gabung PSM Makassar.

Di lini depan yang bertugas untuk menyerang, kami memilih dua pemain dari PSM dan satu pemain dari Persebaya dalam formasi tiga penyerang. Yaitu Ezra Walian dan Amido Balde dari PSM, sementara dari Persebaya ada Oktafianus Fernando.

Berbekal pengalaman di Belanda sekaligus membawa RKC Waalwijk promosi ke Eredivisie Belanda, Ezra Walian cukup bisa dipercaya sebagai penyerang sayap di sisi kiri.

Sementara di sisi kanan ada penyerang sayap berkaki cepat milik Persebaya, Oktafianus Fernando yang mulai sering dimainkan karena absennya Irfan Jaya. Dalam 5 penampilan terakhirnya di Liga 1, dia berhasil menyumbang 2 assist untuk Bajul Ijo.

Striker atau target man kami memilih Amido Balde dari PSM yang tentu punya ambisi besar menaklukkan Persebaya. Sempat cedera, Amido Balde telah menyumbang satu gol dan satu assist untuk PSM sejak gabung di paruh kedua Liga 1.

Itulah Starting XI mengerikan dari pertandingan Liga 1 antara Persebaya vs PSM Makassar yang akan segera dimainkan hari ini, pukul 18.30 di Stadion Batakan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%