Bola Internasional

Usai Marah-marah, Marcelo Lippi Resmi Mundur Tangani Timnas China

Jumat, 15 November 2019 16:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pelatih legendaris Italia, Marcelo Lippi, mengumumkan bahwa dia mundur sebagai pelatih Timnas China di dalam suasana yang penuh emosional, Kamis (14/11/19) waktu setempat.

Dilansir dari Foxsport Asia, keputusan Lippi berhenti jadi juru taktik Timnas China menyusul kekalahan tim dari Suriah dengan skor 1-2 pada kualifikasi Piala Dunia 2022 kemarin di Maktoum bin Rashid Al Maktoum Stadium.

Kekalahan China tersebut diketahui membuat Lippi sangat murka. Pasalnya, dia mengira pasukannya tidak mau lagi mendengarkan arahannya sehingga dia lebih memilih mundur dari jabatannya.

“Saya tidak ingin membahas pertandingan ini (Syria vs China),” kata Lippi usai pertandingan.

“Gaji tahunanku sangat besar, dan saya merasa bersalah atas kekalahan ini. Sekarang, saya memutuskan saya resmi berhenti (melatih Timnas China),” lanjutnya.

Sebelum menyatakan berhenti, mantan pelatih Juventus sempat menyatakan kekesalahannya atas hasil buruk yang diterima tim asuhannya.

Dirinya mengatakan bahwa kekalahan itu bukan hanya kesalahan dirinya, melainkan juga kesalahan para pemainnya yang tidak memiliki semangat juang karena lebih dulu takut kalah.

"Kami bisa menang atas tim lemah seperti Maladewa dan Guam, tetapi ketika bertemu tim yang lebih kuat seperti Filipina dan Suriah, kami tidak bisa memainkan sepak bola kami,” lanjutnya. 

Kekalahan tersebut memang sangat mengecewakan. Pasalnya, China kini harus tertahan di posisi kedua klasemen Grup A, tertinggal 5 angka dari Suriah yang punya koleksi 12 poin.

Selain itu bagi Lippi, ini merupakan kali kedua dirinya mundur dari jabatan pelatih Timnas China sepanjang 2019. Januari silam, menyusul kekalahan telak dari Iran di perempat final Piala Asia, Lippi sebenarnya sudah mundur.