Bola Internasional

Noda di Kualifikasi Euro 2020: Penyerang Swedia Jadi Korban Rasisme

Minggu, 17 November 2019 15:00 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kemenangan 2-0 Timnas Swedia atas Rumania pada laga Kualifikasi Euro 2020, Kamis (16/11/19), harus dinodai oleh aksi rasisme yang menimpa salah satu penyerangnya, Alexander Isak.

Aksi kurang menyenangakan tersebut terjadi pada menit ke-78 saat Isak harus berjalan keluar lapangan karena digantikan oleh Marcus Berg.

Dilansir dari Reuters, penyerang berusia 20 tahun tersebut mendengar beberapa suporter Rumania berteriak ke arahnya. Dia kemudian bertanya pada wasit yang lalu menjelaskan jika tidak ada teriakan apa-apa dari arah tribun penonton.

Pemain berdarah Eritrea tersebut menambahkan jika dia telah bersiap-siap untuk hal tersebut. Walaupun aksi itu tetaplah menyakitkan dan sangatlah memalukan, Alexander Isak tetap mencoba bersikap biasa saja.

Pertandingan pun sempat dihentikan sementara, namun setelah Isak dan wasit berkonsultasi satu sama lain, akhirnya pertandingan dapat dilanjutkan kembali.

“Saya tidak akan membiarkan hal tersebut menngacaukan permainan saya. Hal terbaik yang dapat saya lakukan adalah bersikap cuek dan tidak melayani aksi mereka,” kata Isak soal dugaan aksi rasisme yang menimpa dirinya di Kualifikasi Euro 2020 tersebut.

Sejauh ini pemain yang mencatatkan rekor sebagai pencetak gol termuda Swedia ini telah tampil sebanyak 11 kali dan mencetak 4 gol untuk Timnas Swedia.

Saat ini Swedia berada di peringkat kedua sementara Grup G Kualifikasi Euro 2020 dan dipastikan akan berlaga di ajang bergengsi 4 tahunan tersebut.