Bola Internasional

Cetak Gol Kandang Perdana Sejak 6 Tahun, San Marino Rayakan Bak Juara

Senin, 18 November 2019 14:00 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Soccrates/Getty Images
Skuat San Marino di Kualifikasi Euro 2020. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Skuat San Marino di Kualifikasi Euro 2020.

INDOSPORT.COM – San Marino sedang bergegap gempita usai laga Kualifikasi Euro 2020 melawan Kazakhstan, Minggu (17/11/19). Negara terkecil kelima di dunia ini berhasil mencetak gol kandang perdananya sejak enam tahun lalu.

Gol San Marino ke gawang Kazakhstan itu terjadi pada menit ke-76. Berkat umpan jauh Lorenzo Lunadei, Filippo Berardi menyarangkan bola ke gawang tim tamu usai mengecoh dua bek Kazakhstan dan penjaga gawang Dmytro Nepohodov.

Sontak, suporter San Marino pun merayakannya di media sosial. Bahkan, akun resmi San Marino FA juga ikut berbahagia. Mereka memutar cuplikan gol tersebut dan memberikan lagu latar My Heart Will Go On and On.

Selain memuji sang pencetak gol, Filippo Berardi, akun resmi San Marino FA juga mengajak para pengikutnya untuk menggelar pesta setelah gol tersebut. Mereka juga mengunggah perasaan haru ingin menangis karena begitu bahagianya.

Gol Berardi itu sekaligus menjadi gol pertama San Marino di Kualifikasi Euro 2020. Namun, San Marino dipaksa takluk 1-3. Kazakhstan sudah terlebih dulu unggul tiga gol sebelum Berardi mencatatkan nama di papan skor. 

Saat ini, San Marino belum mengemas poin sama sekali di grup I Kualifikasi Euro 2020. Negara yang wilayahnya dikelilingi Italia ini selalu kalah dalam sembilan laga. Sebelum mengemas satu gol, Filippo Berardi dkk. sudah kebobolan 46 gol.

Jauh enam tahun lalu, San Marino terakhir kali mencetak gol di kandang sendiri saat bertemu Polandia. Dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014, Alessandro Della Valle mencetak satu gol meski harus menelan kekalahan 1-5.