Liga Indonesia

Gemilang Bersama Persija, 3 Alasan Marko Simic Pantas Dipanggil Timnas Kroasia

Senin, 18 November 2019 14:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic yang tengah tampil gemilang bersama Persija Jakarta di Liga 1 2019, sepertinya layak apabila dipanggil negaranya membela Timnas Kroasia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic yang tengah tampil gemilang bersama Persija Jakarta di Liga 1 2019, sepertinya layak apabila dipanggil negaranya membela Timnas Kroasia.

INDOSPORT. COM - Marko Simic, yang tengah tampil gemilang bersama Persija Jakarta di Liga 1 2019, sepertinya layak dipanggil membela timnas Kroasia.

Kiprah Marko Simic dalam menghiasi pentas sepak bola Indonesia, nampak selalu bisa memunculkan sinarnya sendiri. Timnya Persija Jakarta barangkali sedang terseok-seok di Liga 1 2019, tapi dia justru tampil gemilang dan semakin rajin membobol gawang lawan.

Simic kini tercatat sudah membukukan 23 gol dari 26 penampilan. Torehan itu membuat ia untuk sementara memuncaki daftar top skor Shopee Liga 1 2019.

Cerita gemilang Simic tersebut mungkin sudah cukup untuk membuatnya mendapat panggilan timnas Kroasia. Dia bisa dicoba untuk mengisi lini depan tim ketika Kroasia mengarungi laga internasional.

Ada pula sejumlah alasan lain yang makin menguatkan asumsi, bahwa Marko Simic memang pantas berseragam timnas Kroasia. Berikut INDOSPORT coba merangkum segala alasannya.

Ketajaman di Liga

Marko Simic musim ini benar-benar mampu menunjukkan ketajamannya. Bahkan, ketajaman Simic berhasil melebihi para penyerang langganan timnas Kroasia lainnya.

Paling tenar, Mario Mandzukic yang membela Juventus, musim ini belum sama sekali mencetak gol di pentas Serie A Liga Italia, kemudian Andrej Kramaric baru bisa membukukan dua gol dari dua laga, dan kini harus absen panjang akibat menderita cedera lutut.

Nikola Kalinic yang bermain untuk AS Roma, nasibnya belum sama sekali bisa mencetak gol dari tiga penampilan, dan kini harus absen panjang akibat cedera tulang fibula.

Sementara nama terakhir, Bruno Petkovic yang sekarang jadi andalan timnas Kroasia, kiprahnya bersama Dinamo Zagreb baru menyentuh angka tiga gol dari 12 penampilan.

Kesemua nama tadi jumlah dan tingkat produktivitas golnya kalah jauh dari Simic. Lihat saja di Liga 1 2019, Marko Simic sudah bisa mencetak 23 gol dari 26 penampilan.

Walau hanya berkompetisi di Asia, Simic sejatinya tetap layak dicoba oleh timnas Kroasia. Ketajamannya dalam mencetak gol siapa tahu bisa berperan banyak untuk negara.

Menit Bermain

Timnas Kroasia sebenarnya punya banyak nama penyerang tenar. Namun belakangan, banyak bomber top Kroasia yang jarang mendapatkan menit bermain dari timnya masing-masing.

Mario Mandzukic musim ini sama sekali belum dipakai oleh Juventus. Nikola Kalinic dan Andrej Kramaric tengah absen panjang akibat dibekap cedera.

Paling bagus hanyalah Bruno Petkovic saja yang kini masih bermain reguler bersama Dinamo Zagreb. Bruno Petkovic mencatatkan 12 penampilan dari 14 laga yang dimainkan Dinamo Zagreb di Liga Kroasia.

Namun, Petkovic kini hanya satu-satunya penyerang yang diandalkan Kroasia. Dia tak punya pelapis, dan tempat itu sejatinya bisa coba diberikan kepada Simic, yang musim ini baru absen sekali dari 27 laga yang dilakoni Persija Jakarta di Liga 1 2019.

Pengalaman Membela Timnas Kroasia

Marko Simic memang hanya merumput di level kompetisi Asia. Sangat jauh kualitasnya apabila berkaca pada rata-rata pemain timnas Kroasia yang banyak menghiasi jagat sepak bola Eropa.

Meski demikian, bukan berarti Simic tak punya kapabilitas untuk mendapatkan panggilan negara. Toh, Simic juga dulu punya pengalaman membela Kroasia di ajang internasional.

Berdasarkan data situs Transfermarkt, Marko Simic mencatatkan tiga penampilan bersama timnas Kroasia U-21. Dia bahkan dua kali jadi andalan saat berlaga di Euro U-21 2010.

Pengalaman internasionalnya itu kian menunjang kepantasan Simic membela timnas Kroasia. Apalagi, sebelumnya dijelaskan bahwa ia punya keunggulan terkait ketajaman mencetak gol dan juga mendapatkan menit bermain reguler bersama timnya Persija Jakarta. 

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
14%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
29%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
14%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
14%
IDS Emoticon Marah
Marah
14%