Bola Internasional

4 Fakta Menyedihkan Timnas Indonesia Jelang Lawan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia

Selasa, 19 November 2019 14:13 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai kalah dari Malaysia, Kamis (05/09/2019). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai kalah dari Malaysia, Kamis (05/09/2019).

INDOSPORT.COM – Berikut sejumlah fakta menyedihkan jelang duel Malaysia vs Timnas Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Bukit Jalil, Selasa (19/11/19).

Duel Malaysia vs Timnas Indonesia selalu menyimpan magis tersendiri di mana jalannya pertandingan pasti bakal ada drama tersendiri. Seperti halnya pertemuan terakhir di Stadio Gelor Bung Karno lalu, di mana Timnas Indonesia yang sudah unggul dua kali harus gigit jari menelan kekalahan.

Tak hanya itu, kerusuhan dari oknum suporter juga sempat menjadi bumbu yang melengkapi nestapa Timnas Indonesia di laga terakhir melawan Malaysia. Kekalahan dari Malaysia itu terasa begitu menyedihkan karena Timnas Indonesia kalah dari rival abadi di kandang sendiri, rusuh pula.

Jelang pertemuan kembali Timnas Indonesia melawan Malaysia malam nanti, ternyata ada sejumlah fakta menyedihkan yang perlu dicermati. Apa sajakah itu?

Selalu Mandul dalam 2 Laga Terakhir di Bukit Jalil

Pertama, Timnas Indonesia selalu mandul dalam 2 laga terakhir melawan Malaysia jika bertanding di Stadion Bukit Jalil. Bahkan tak sekadar mandul, Timnas Indonesia juga selalu kalah dengan selisih lebih dari 1 gol dari Malaysia.

Terkini, Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia di ajang Piala AFF 2012 pada fase grup. Semakin membuat hati sakit karena kekalahan di laga itu membuat Timnas Indonesia harus tersingkir dari babak grup lagi sejak 2007.

Mundur lebih jauh, ada kekalahan telak 0-3 Timnas Indonesia dari Malaysia di final leg pertama Piala AFF 2010. Kekalahan itu begitu mengejutkan karena sebelumnya Malaysia bisa kita bantai 5-1 tapi ternyata Timnas Indonesia dihajar balik dan menggagalkan kans juara Piala AFF saat itu.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Tenggara Terburuk di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jelang pertemuan dengan Malaysia, Timnas Indonesia ternyata menyandang status sebagai tim Asia Tenggara terburuk di kualifikasi Piala Dunia 2022. Status itu direngkuh Timnas Indonesia setelah menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara dengan perolehan poin terendah (0 angka).

Bahkan Kamboja yang sempat jadi bulan-bulanan dengan kalah 0-14 dari Iran saja masih sempat mengemas satu poin atas Hong Kong. Myanmar yang sempat Timnas Indonesia kalahkan di laga uji coba juga berhasil meraih kemenangan atas Tajikistan.

Pertahanan Timnas Indonesia Terburuk Keempat di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tak hanya menjadi tim Asia Tenggara paling menyedihkan, pertahanan Timnas Indonesia bahkan menjadi yang terburuk keempat di kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Sri Lanka. Timnas Indonesia hingga laga keempat telah kebobolan sebanyak 14 kali.

Catatan itu hanya lebih baik dari Kamboja (20), Chinese Taipei (20), dan Guam (16). Bahkan jika ingin dibedah lebih dalam, Timnas Indonesia selalu kebobolan sedikitnya 3 gol dalam setiap laganya di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia Dipimpin Pelatih Minim Pengalaman

Tanpa mengurangi rasa hormat pada Yeyen Tumena dan Joko Susilo yang akan memimpin Timnas Indonesia di laga melawan Malaysia sebagai caretaker dan asisten pelatih, tapi faktanya mereka belum punya pengalaman internasional.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Standard Chartered Indonesia (Yeyen Tumena). Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTCaretaker pelatih Timnas Indonesia.

Simon McMenemy yang sudah dipastikan dipecat pun tampaknya enggan mendampingi Timnas Indonesia sehingga membuat Yeyen Tumena dan Joko Susilo naik pangkat untuk sementara.

Memang Yeyen dan Joko dikenal baik di Indonesia tapi level Internasional beda ceritanya. Adrenalin jadi caretaker Bhayangkara FC dan pelatih Arema FC tentu tak akan sebanding ketika harus adu strategi dengan Tan Cheng Hoe di laga Malaysia vs Timnas Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%