In-depth

Mohamadou Sumareh, 'Jimat' Timnas Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Selasa, 19 November 2019 13:59 WIB
Editor: Juni Adi
© arenabolasepak.com
Pemain naturalisasi Malaysia, Mohamadou Sumareh. Copyright: © arenabolasepak.com
Pemain naturalisasi Malaysia, Mohamadou Sumareh.

INDOSPORT.COM - Kehadiran Mohamadou Sumareh di tubuh Timnas Malaysia saat ini seperti sebuah jimat. Sebab, setiap kali ia mencetak gol, Harimau Malaya selalu mengakhiri duel tersebut dengan kemenangan.

Timnas Malaysia akan menjamu Timnas Indonesia di pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, pada Selasa (19/11/19) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Malaysia di atas kertas lebih diunggulkan. Hal itu mengacu dari performa apik mereka di babak kualifikasi sejauh ini.

Dari empat pertandingan yang sudah dilakoninya, Harimau Malaya sudah meraih dua kemenangan dan dua kali merasakan pahitnya kekalahan.

Saat ini, Malaysia berpeluang lolos ke kualifikasi putaran selanjutnya, setelah mampu mendulang enam poin dan bertengger di posisi ke-4. 

Berselisih sangat tipis dari tiga tim di atasnya yakni Uni Emirat Arab (6 poin di posisi ke-3, Thailand (7 poin di posisi ke-2) dan Vietnam (10 poin di posisi ke-1).

Performa impresif Malaysia itu juga tidak lepas dari ketajaman penyerang sayap mereka Mohamadou Sumareh, yang menjelma jadi mesin gol tim nasional Negeri Jiran di Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua ini.

Total Sumareh sudah mencetak empat gol dan menjadi top skor sementara di tim Malaysia pada kualifikasi grup G ini. Kehadiran pemain berusia 25 tahun itu bisa kembali jadi mimpi buruk buat lini belakang Timnas Indonesia malam ini.

Sebelumnya, di pertemuan pertama yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 05 September lalu, Sumareh menyelamatkan Malaysia dari kekalahan berkat dua golnya sebelum akhirnya mereka menang 2-3.

© nst.com
Pemain Malaysia, Mohamadou Sumareh saat mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di GBK. Copyright: nst.comPemain Malaysia, Mohamadou Sumareh saat mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion GBK.

Mohamadou Sumareh Seperti Jimat

Faktor lain yang akan membuat Mohamadou Sumareh sangat berbahaya adalah, dirinya seperti jimat dalam tubuh Timnas Malaysia, dimana kalau dia mencetak gol, tim besutan Tan Cheng Hoe bisa memenangkan pertandingan.

Contohnya nyatanya adalah, ketika Malaysia menjamu Thailand pada Kamis (14/11/1) lalu. Bermain di Stadion Bukit Jalil, tuan rumah menang dengan skor 2-1. Salah satu gol dicetak oleh Mohamadou Sumareh.

Thailand adalah tim kedua yang jadi tumbal magis Sumareh, setelah Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya wajib diberi penjagaan khusus oleh barisan belakang Skuat Garuda, agar tak leluasa bergerak atau bahkan mencetak gol.

Profil Singkat Mohamadou Sumareh

Mohamadou Sumareh sendiri bukan nama baru  bagi pecinta sepak bola Malaysia. Sebab, ia sudah cukup lama berkarier di Liga Malaysia yakni sejak tahun 2013 dan memulai kariernya di klub PDRM.

Menetap cukup lama, dan mempunyai potensi, ia pun dinaturalisasi oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pada tahun 2018 lalu, karena sudah memenuhi persyaratan.

Seperti diketahui, syarat naturalisasi pemain sepak bola ialah sudah menetap minimal 5 tahun di negara tersebut. Debutnya bersama Malaysia terjadi di 12 Oktober 2018.

Di laga perdananya, Sumareh turun dari bangku cadangan melawan timnas Sri Lanka. Kendati tidak tampil sebagai starter, tapi ia merasakan debut manis.

Pemain yang kini membela Pahang FA itu mencetak satu gol, dari empat gol yang mampu disarangkan timnas Malaysia ke gawang timnas Sri Lanka. Total Mohamadou Sumareh sudah tampil sebanyak 16 laga dan mencetak enam gol.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%