Bola Internasional

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Bisa Salip Poin Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia

Selasa, 19 November 2019 07:12 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut hitung-hitungan Timnas Indonesia bisa salip Malaysia di klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut hitung-hitungan Timnas Indonesia bisa salip Malaysia di klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

INDOSPORT.COM - Berikut hitung-hitungan Timnas Indonesia bisa salip Malaysia di klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pertemuan antara Malaysia vs Timnas Indonesia akan menjadi pekan kelima di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang akan dihelat di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Selasa (19/11/19) pukul 19.45 WIB nanti malam.

Timnas Indonesia tentu akan coba tampil habis-habisan melakoni laga tandang ke Malaysia. Selain karena rivalitas, Skuat Garuda juga belum meraih satu poin pun dalam 4 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sejauh ini.

Bahkan polemik masalah pelatih anyar Timnas Indonesia selanjutnya sempat membuat Simon McMenemy ogah memimpin skuat asuhannya. Tapi akhirnya, eks pelatih Bhayangkara FC itu menyatakan bersedia hadir di laga nanti malam.

Meski menelan 4 kekalahan beruntun, Timnas senior pun tak mau menyerah begitu saja meski akan menghadapi Malaysia sebagai tim tamu. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Pelatih Yeyen Tumena.

"Kami langsung menggelar latihan begitu tiba di Malaysia. Materi latihan tadi adalah recovery training, kemudian taktik bagaimana bertahan," kata Yeyen, Selasa (12/11/19) kemarin.

Tapi, Timnas Malaysia punya modal besar untuk bisa mengalahkan Indonesia dengan mulus nanti malam. Apalagi pemain naturalisasi mereka, Muhamadou Sumareh benar-benar fit dan bisa dimainkan sebagai starter.

Timnas Malaysia kini ada di posisi keempat dengan enam poin dalam daftar klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dengan semangat juang dan dukungan suporter yang away ke Bukit Jalil, sudah seharusnya Timnas Indonesia bersemangat untuk mencuri poin.

Bahkan INDOSPORT yakin bahwa Skuat Garuda punya peluang tak hanya menyamai tapi juga salip peringkat Malaysia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

  • Timnas Indonesia Bisa Salip Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Melihat tabel klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia saat ini, Malaysia ada di urutan keempat dengan 6 poin. Tapi masih ada 4 pertandingan, termasuk Malaysia vs Timnas Indonesia, tersisa di Grup G.

Alias masih ada setidaknya 12 poin yang masih harus diperjuangkan oleh masing-masing tim nasional di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tak terkecuali oleh Timnas Indonesia yang terpuruk di dasar klasemen.

Masih belum meraih satu poin pun, Timnas Indonesia ternyata masih punya peluang untuk menyamai bahkan menyalip Malaysia di 4 laga tersisa.

Tentu saja, yang pertama harus dilakukan Timnas Indonesia adalah mencuri tiga poin dari kandang Malaysia nanti malam. Ini akan membuat kita mendapatkan 3 poin dan peluang menyalip Negeri Jiran itu makin terbuka.

Ya, pada laga selanjutnya, alias 3 laga tersisa adalah satu pertandingan kandang menghadapi Uni Emirat Arab (31/03/20) dan dua laga tandang ke Thailand (26/03/20) dan Vietnam (04/06/20).

Tiga negara tersebut merupakan lawan yang cukup sulit untuk Timnas Indonesia. Untuk bisa menyalip Malaysia, Timnas Indonesia yang tentunya di 3 laga tersebut sudah dilatih oleh pelatih anyar, harus meraih setidaknya satu kemenangan.

Menghadapi dua negara Asia Tenggara, yaitu Vietnam dan Thailand tentu bisa kita maksimalkan. Jika salah satunya bisa kita menangkan, 6 poin akan kita amankan (raihan poin yang sama dengan Malaysia sekarang).

Dengan hasil imbang sekali dari dua laga tersisa setelah mengamankan kemenangan kedua, Timnas Indonesia pun punya 7 poin dan itu sudah menyalip Malaysia di klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Tapi 7 poin dapat menyalip Malaysia bisa terwujud dengan asumsi Malaysia tak mendapatkan poin satu pun di 4 laga tersisa. 

Sulit dan terkesan mustahil memang, tapi tidak ada yang tak mungkin dalam sepak bola. Apalagi Timnas Indonesia bisa dikatakan punya basis suporter jika memainkan laga tandang di negara lain.

Berikut Klasemen Sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, per 19 November 2019:

# Negara Main Menang Imbang Kalah Poin
1 Vietnam 4 3 1 0 10
2 Thailand 4 2 1 1 7
3 Uni Emirat Arab 4 2 0 2 6
4 Malaysia 4 2 0 2 6
5 Indonesia 4 0 0 4 0
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
100%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%