Bola Internasional

Daftar Sementara yang Lolos ke Euro 2020: Wales Menyusul, Sisa 4 dari Play-off

Rabu, 20 November 2019 09:08 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© Instagram Gareth Bale
Wales menjadi tim terakhir yang lolos ke Euro 2020 lewat jalur kualifikasi grup usai mengalahkan Hungaria dengan skor 2-0, Rabu (20/11/19). Copyright: © Instagram Gareth Bale
Wales menjadi tim terakhir yang lolos ke Euro 2020 lewat jalur kualifikasi grup usai mengalahkan Hungaria dengan skor 2-0, Rabu (20/11/19).

INDOSPORT.COM – Jatah 20 negara yang lolos ke putaran final Euro 2020 lewat jalur juara dan runner-up grup sudah terisi penuh pada Rabu (20/11/19). Wales menjadi tim terakhir yang lolos lewat jalur tersebut usai mengalahkan Hungaria dengan skor 2-0.

Wales mengalahkan Hungaria berkat brace dari Aaron Ramsey. Kemenangan itu membuat mereka meraih tiga poin terakhir dan memastikan posisi runner-up grup E. Ramsey dkk. menemani Kroasia yang sudah lebih dahulu menjadi juara grup.

Namun, mengingat Euro 2020 akan menyediakan 24 slot di putaran final, empat tiket tersisa akan diperebutkan lewat babak play-off. Babak play-off saat ini tidak menggunakan sistem peringkat tiga terbaik, tetapi berdasarkan posisi negara di UEFA Nations League.

Dari UEFA Nations League B, empat negara terbaik yang tak lolos otomatis akan saling berhadapan. Bosnia Herzegovina akan melawan Irlandia Utara, dan Slovakia menjamu Irlandia. Pemenang tiap laga akan bertemu di final untuk satu tiket ke Euro 2020.

Dari UEFA Nations League D, Georgia akan menjamu Belarusia, dan Macedonia akan bertemu Kosovo. Sistem pot seperti ini sangat baik untuk negara yang tak diunggulkan seperti mereka untuk bisa punya peluang lolos.

Dari UEFA Nations League A, hanya Islandia yang ke play-off karena lainnya sudah lolos. Berhubung UEFA Nations League C meloloskan tujuh wakil, Islandia akan menghadapi tiga dari empat negara League C, antara Bulgaria, Israel, Hungaria, atau Rumania.

Sedangkan, dari UEFA Nations League C, Skotlandia akan bertemu salah satu dari keempat negara di atas: Bulgaria, Israel, Hungaria, atau Rumania. Adapun laga semifinal play-off satunya akan tersaji partai Norwegia melawan Serbia.

Daftar Sementara Negara yang Lolos ke Euro 2020, per Rabu (20/11/19):

Grup A: Inggris dan Republik Ceko

Grup B: Ukraina dan Portugal

Grup C: Jerman dan Belanda

Grup D: Swiss dan Denmark

Grup E: Kroasia dan Wales

Grup F: Spanyol dan Swedia

Grup G: Polandia dan Austria

Grup H: Prancis dan Turki

Grup I: Belgia dan Rusia

Grup J: Italia dan Finlandia

*Negara yang disebutkan pertama adalah juara grup

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%