In-depth

Jose Mourinho dan Tottenham Hotspur Itu Simbiosis Mutualisme

Rabu, 20 November 2019 20:45 WIB
Editor: Coro Mountana
© Getty Images
Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur. Copyright: © Getty Images
Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur.

INDOSPORT.COM – Kedatangan Jose Mourinho ke Tottenham Hotspur dengan menggantikan Mauricio Pochettino tampaknya perlu diwaspadai oleh tim-tim lain karena kombinasi dari mereka itu adalah simbiosis mutualisme.

Pernahkah anda memerhatikan fenomena aneh ketika seekor burung jalak sedang menghigapi punggung kerbau? Bukannya kerbau itu mengusir burung jalak, justru malah membiarkan hewan mungil nan lucu itu mengerjakan tugasnya di punggungnya.

Ternyata alasannya adalah kedua hewan itu sedang melakukan simbiosis mutualisme yang artinya hubungan mereka saling menguntungkan. Hal yang sama juga terjadi pada Jose Mourinho dan Tottenham Hotspur yang sama-sama bakal saling menguntungkan.

Simbiosis mutualisme itu diyakini bakal membuat Tottenham Hotspur bakal bangkit dan mengganggu persaingan di papan atas Liga Inggris. Apa yang membuat Tottenham Hotspur dan Jose Mourinho saling menguntungkan?

Skuat Tottenham Hotspur Sangat berkualitas

Pertama tidak ada yang berani menyangkal kalau kualitas skuad yang dimiliki Tottenham Hotspur adalah salah satu yang paling komplet di Inggris.

Tottenham Hotspur memiliki duet bek tengah kokoh (Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld), playmaker cerdas (Christian Eriksen), dua sayap cepat (Son Heung-min dan Lucas Moura), serta salah satu striker kelas dunia saat ini (Harry Kane).

© Evening Standard
Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane. Copyright: Evening StandardStriker Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Jose Mourinho sejatinya tak perlu sibuk-sibuk di bursa transfer, paling nanti ia hanya harus mencari pelapis dari deretan bintang tadi saja. Tapi kualitas pemain utamanya sudah cukup untuk diolah oleh Jose Mourinho menjadi tim yang menakutkan.

Pengalaman dan Mentalitas Juara Mourinho

Sudah pasti salah satu alasan Jose Mourinho mau menerima pinangan Tottenham Hotspur karena kualitas tim yang dimiliki. Sedangkan Tottenham Hotspur pasti memerhitungkan pengalaman dan mentalitas juara Mourinho bakal membawa Tottenham Hotspur bangkit.

Pengalamannya dalam memenangi 3 gelar Liga Inggris dan 2 Liga Champions sudah pasti membuat bos Tottenham Hotspur, Daniel Levy kesengsem. Apalagi Mauricio Pochettino saja selalu gagal membawa pulang satu gelarpun untuk Tottenham Hotspur.

Dengan kata lain, magis dan tangan dingin Mourinho sangat diharapkan oleh Daniel Levy dapat membawa Tottenham Hotspur menjuarai suatu kompetisi. Melihat kemampuan Mourinho, tentu ini akan menjadi alarm bagi Liverpool dan Manchester City di Liga Inggris.

Mourinho Ingin Membuktikan Diri ke Chelsea dan Manchester United

Terakhir, ada suatu motivasi yang sangat menggebu-gebu dari Jose Mourinho untuk membuktikan dirinya bahwa ia adalah pelatih bertangan dingin kepada klub yang sudah memecatnya. Tentu dengan keinginannya bermain di Inggris, Mourinho ingin menantang Manchester United dan Chelsea.

© Caught Offside
Mourinho ejek fans Juventus Copyright: Caught OffsideMourinho ejek fans Juventus

Seperti yang kita tahu, Chelsea bahkan sudah memecatnya dua kali, tentu itu akan menjadi dendam kesumat Mourinho untuk menghancurkan tim asal London. Begitupun Manchester United yang sudah membuatnya menganggur nyaris setahun ke belakang.

Sempat namanya menghilang, kini Jose Mourinho telah kembali dan siap membuat perhitungan kepada klub-klub besar lain dengan membangkitkan Tottenham Hostpur berkat hubungan mereka berdua itu simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%