Bola Internasional

Insiden Ribut Suporter Indonesia vs Malaysia, Kemenpora Desak PSSI Lapor FIFA?

Rabu, 20 November 2019 22:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Allsport Co./Getty Images
Akankah Kemenpora mendesak PSSI melaporkan insiden keributan suporter Indonesia vs Malaysia? Copyright: © Allsport Co./Getty Images
Akankah Kemenpora mendesak PSSI melaporkan insiden keributan suporter Indonesia vs Malaysia?

INDOSPORT.COM - Bentrok suporter kembali terjadi di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Selasa (19/11/19) di Stadion Bukit Jalil. Hal itu lantas menyorot perhatian Kemenpora, lantas apakah Kemenpora mendesak PSSI untuk melaporkan hal itu ke FIFA?

Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan PSSI. Kemenpora berharap ada sikap tegas dari pemerintah Malaysia menyikapi hal tersebut. Saat pertandingan, oknum suporter Malaysia memang sempat melempar flare ke arah pendukung Indonesia.

"Kami belum dapat laporan lengkap dari PSSI, tapi yang jelas pasti akan kami lihat lagi. Besok akan ada rapat dengan PSSI untuk persiapan Piala Dunia, pada saat rapat itu akan kami tanyakan tentang insiden di Kuala Lumpur," tuturnya.

"Saya hanya tahu dari laporan dari beberapa suporter, Pak Gatot ini ada insiden seperti ini kemudian Kemenpora tindakannya seperti apa. Bukannya saya tidak percaya dengan suporter ya, tapi kami akan tunggu dari pihak PSSI," imbuh Gatot.

Gatot menyampaikan, kewenangan untuk bersurat ke FIFA ada di PSSI. Hanya saja, Kemenpora berharap ada sikap terbuka dari pemerintah Malaysia, mengingat pemerintah Indonesia sebelumnya langsung menyampaikan permintaan maaf saat terjadi insiden yang sama, September lalu saat skuat Garuda menjamu Harimau Malaya.

"Kita lihat eskalasinya dulu, karena waktu di GBK kan eskalasinya kan sangat masif sekali, ibaratnya bikin kita malu. Tapi kita akan lihat eskalasinya apakah itu eskalasinya sangat masif, kalau sangat masif tidak menutup kemungkinan kita akan menyampaikan protes," ucapnya.

"Tapi, sebenarnya entah itu insiden kecil atau besar, itu harusnya dari pemerintah sana at least menyampaikan suratlah, ya permintaan maaf dan klarifikasi lah. Tapi kalau yang protes ke FIFA tak perlu pemerintah, itu urusan federasi, jadi besok kami akan tanya apakah PSSI bakal protes atau tidak, kita lihat kondisi besok siang," sambungnya.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%