Liga Indonesia

Timnas Indonesia Kalah dari Malaysia, Akmal Marhali Sebut Pepatah Bahasa Latin

Rabu, 20 November 2019 16:15 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kekalahan Timnas Indonesia dari Malaysia mendapat sorotan dari banyak kalangan termasuk Akmal Marhali yang sampai menyebut pepatah latin.

Timnas Indonesia kembali harus menelan kekalahan dari Malaysia usai dua gol Safawi Rasid tak mampu dibalas bahkan lewat titik putih sekalipun oleh Osas Saha.

Hasil memalukan itupun langsung mendapatkan perhatian termasuk dari pengamat sepak bola, Akmal Marhali.

“Apa yang kita semai (dapat) saat ini adalah apa yang kita tanam. Timnas saat ini adalah produk kompetisi yang kita jalankan,” begitu ungkap koordinator Save Our Soccer itu kepada INDOSPORT.

“Disaat negara lain semakin berkembang, kita malah semakin tertinggal. Artinya, kompetisi kita tak mampu menghasilkan timnas yang tangguh,” lanjutnya.

Apa yang dikatakan Akmal ada benarnya karena memang dengan selalu kalah di 5 laga kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadikan sepak bola Indonesia semakin tertinggal. Akmal pun coba menggambarkan situasi sepak bola Indonesia dengan pepatah bahas latin.

Mens sana in corpore sano. Di dalam jiwa yang sehat, terdapat tubuh yang kuat. Di dalam kompetisi yang sehat, terdapat timnas yang kuat,”

Pada akhirnya kompetisi Liga 1 yang sehat adalah kuncinya bagaimana menciptakan Timnas Indonesia yang tangguh.

Tugas ketua PSSI menurut Akmal Marhali setelah kekalahan Timnas Indonesia dari Malaysia tentu adalah perlu ada evaluasi total terhadap kompetisi supaya lebih bersih.

1