Bola Internasional

Mengenal Alireza Faghani, Wasit Malaysia vs Timnas Indonesia yang Pernah Rugikan Persib

Selasa, 19 November 2019 15:29 WIB
Editor: Coro Mountana
© Twitter @FootyjokesID
Wasit pemimpin laga Jerman vs Meksiko di Piala Dunia 2018, Alireza Faghani. Copyright: © Twitter @FootyjokesID
Wasit pemimpin laga Jerman vs Meksiko di Piala Dunia 2018, Alireza Faghani.

INDOSPORT.COM – Siapa sangka wasit Malaysia vs Timnas Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 merupakan sosok yang pernah merugikan Persib Bandung di Liga 1.

Pertandingan sarat gengsi antara Malaysia vs Timnas Indonesia sendiri akan dimainkan di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11/19) malam WIB. Meski Timnas Indonesia sudah tidak bisa berbicara banyak lagi di kualifikasi Piala Dunia usai kalah 4 kali, tapi tetap saja ada gengsi yang dipertaruhkan.

Rivalitas panas Timnas Indonesia dengan Malaysia diyakini akan menjadi bahan bakar untuk sengitnya pertandingan nanti. Sadar bahwa duel Malaysia vs Timnas Indonesia bakal berlangsung panas, ditunjuklah wasit berpengalaman sekaliber Alireza Faghani.

Wasit asal Iran ini memiliki rekam jejak yang sangat baik di negaranya bahkan hingga membuatnya pernah memimpin berbagai kompetisi bergengsi mulai dari Piala Dunia hingga Liga 1. Tapi di balik nama baiknya itu, ternyata Alireza Faghani pernah merugikan Persib Bandung.

Alireza Faghani, Wasit Liga 1 dan Piala Dunia

Lahir di Kashmar, Iran pada 21 Maret 1978, Alireza Faghani tumbuh dan berkembang menjadi salah satu wasit paling berbakat di negaranya. Masuk ke FIFA sejak 2008, Alireza Faghani ternyata sudah memimpin sejumlah pertandingan penting.

Mulai dari Liga Champions Asia 2014, final Piala Asia 2015, final Piala Dunia Antar Klub 2015, hingga final Olimpiade 2016. Berkat pengalamannya itu, Alireza Faghani pun dipercaya menjadi wasit di Piala Dunia 2018 di mana salah satunya adalah menjadi saksi Belgia meraih peringkat ketiga atas Inggris.

Capaiannya itu bahkan membuat Alireza Faghani meraih penghargaan sebagai wasit Asia terbaik untuk tahun 2016 dan 2018. Untuk itulah Alireza Faghani pun sempat dipanggil untuk memimpin sejumlah pertandingan di Liga 1 2017.

Namun nama besarnya di kancah internasional ternyata tak cukup membuat peserta Liga 1 puas dengan kinerjanya. Salah satunya adalah Persib Bandung yang merasa dirugikan dengan adanya keputusan Alireza Faghani.

Tepat Kamis (19/10/17) dilangsungkan sebuah pertandingan Liga 1 antara Persib Bandung vs Madura United yang mana hasil akhirnya itu imbang tanpa gol. Keputusan kontroversial pun dilakukan oleh Alireza Faghani dalam laga itu dengan mengeluarkan kartu merah untuk Dedi Kusnandar.

© INDOSPORT/Arif Rahman
Dedi Kusnandar, pemain Persib. Copyright: INDOSPORT/Arif RahmanDedi Kusnandar, pemain Persib yang mendapat kartu merah dari Alireza Faghani.

“Kami sudah mati-matian bermain maksimal tapi wasit asing (Alireza Faghani) seperti itu, tidak bagus. Dedi (Kusnandar) pun sampai nangis setelah dikartu merah, itu kan fifty-fifty, harusnya kartu kuning saja,” manajer Persib, Umuh Muchtar usai pertandingan tersebut.

Menarik untuk menunggu bagaimana kiprah Alireza Faghani memimpin pertandingan Malaysia vs Timnas Indonesia nanti malam. Alireza Faghani sudah pernah membuat Persib Bandung kecewa dua tahun lalu, apakah kini ia akan melakukannya lagi untuk Timnas Indonesia?

Berikut jumlah pertandingan Liga 1 2017 yang dipimpin Alireza Faghani

Persib Bandung 1-1 Bhayangkara FC

Persija Jakarta 4-1 PS TNI

Persib Bandung 0-0 Madura United

Persija Jakarta 2-0 Semen Padang

Barito Putera 1-1 Bali United

Persipura Jayapura 3-1 Arema FC

Rapor Alireza Faghani selama memimpin di Liga 1 2017

Jumlah pertandingan: 6

Jumlah kartu kuning: 14

Rata-rata kartu kuning per pertandingan: 2,33

Jumlah kartu merah : 1

Rata-rata kartu merah per pertandingan: 0,17

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%