Liga Indonesia

Soal Pelatih Baru Timnas Indonesia, Menpora Enggan Ikut Campur

Rabu, 20 November 2019 18:53 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tidak ingin mencampuri urusan PSSI terkait pelatih Timnas Indonesia pengganti Simon McMenemy. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tidak ingin mencampuri urusan PSSI terkait pelatih Timnas Indonesia pengganti Simon McMenemy.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tidak ingin mencampuri urusan PSSI terkait pelatih Timnas Indonesia pengganti Simon McMenemy.

PSSI belum memutuskan pelatih baru Timnas Indonesia pengganti Simon McMenemmy. Meski begitu, pengurus PSSI dan juga Ketua Umum Mochamad Iriawan alias Iwan Bule sudah bertemu dengan Shin Tae Yong di Malaysia.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu jadi calon kuat sebagai nahkoda baru Timnas Garuda. Satu nama lain adalah mantan pelatih Timnas U-23, Luis Mila. Namun juru taktik asal Spanyol itu tak menghadiri pertemuan di Negeri Jiran.

Menanggapi kemungkinan itu, Menpora Zainudin Amali menyebut pemerintah menyerahkan keputusan kepada PSSI. Pihaknya percaya otoritas tertinggi sepak bola Indonesia akan memberikan keputusan tersebut.

"Siapapun nanti yang terpilih, pasti adalah keputusan yang terbaik. Keputusan itu tentu adalah wewenang dari PSSI. Pemerintah hanya mendukung saja," kata Zainudin usai silaturahmi dengan atlet NPC Indonesia di Hotel Lorin, Karanganyar, Rabu (20/11/19).

Dirinya menegaskan, pemerintah enggan ikut campur urusan rumah tangga PSSI. Menurutnya, PSSI memikiki statuta dan aturan sendiri di bawah naungan FIFA.

Zainudin menambahkan, pihaknya enggan kasus pembekuaan PSSI oleh FIFA tahun 2015 silam akibat intervensi pemerintah. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Kemenpora disebut politikus Partai Golkar itu menyerahkan semua keputusan ke PSSI.

"Hanya saja, saya berharap masyarakat memberi kesempatan kepada siapapun nanti yang terpilih. Untuk semua jenjang baik Timnas Indonesia U-16 hingga senior," tegas Zainudin.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sementara ini menunjuk Yeyen Tumena sebagai caretaker menggantikan Simon McMenemy dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

1