Bola Internasional

Starting XI Terbaik Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019

Rabu, 20 November 2019 19:27 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Starting XI Terbaik Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 Copyright: © INDOSPORT
Starting XI Terbaik Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019

INDOSPORT.COM – Menjelang SEA Games 2019 yang akan segera digelar, kira-kira bakal seperti apa starting XI terbaik Timnas Indonesia U-23 demi menggondol sebuah medali emas?

Persiapan menuju SEA Games 2019 boleh dikatakan telah dijalani secara prima dengan setidaknya Timnas Indonesia melakukan 5 laga uji coba internasional. 3 di ajang CFA China (lawan China, Yordania, dan Arab Saudi) dan 2 kali melawan Iran.

Hebatnya di laga terakhir, Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Iran yang merupakan raksasa di Asia. Logikanya, jika raksasa Asia saja berhasil ditaklukan, berarti mungkin kita boleh berharap bahwa Timnas Indonesia U-23 bisa bertarung di SEA Games untuk memperebutkan medali emas.

Untuk itu, pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri telah menyiapkan 20 pemain terbaiknya untuk ajang SEA Games 2019. Tapi bakal seperti apa starting XI terbaiknya? Berikut INDOSPORT coba hadirkan prediksinya hanya untuk anda.

Kiper: Nadeo Argawinata

© goal.com
Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata. Copyright: goal.comKiper Borneo FC, Nadeo Argawinata.

Di posisi penjaga gawang, rasa-rasanya Nadeo Argawinata yang lebih senior disbanding Riyandi akan diplot sebagai kiper utama. Pengalamannya bersama Borneo FC di Liga 1 akan sedikit banyak membantu Nadeo dalam melakukan penyelamatan di SEA Games nanti.

Bek: Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika

Di posisi bek sayap tampaknya Asnawi Mangkualam Bahar (kanan) dan Firza Andika tidak bisa digeser oleh siapapun. Asnawi Mangkualam memiliki kecerdasan dalam melakukan overlap akan coba diimbangi oleh Firza Andika yang berteknik tinggi pada posisi kiri.

Sedangkan duet bek tengah sebenarnya ada banyak kombinasi tetapi Bagas Adi Nugroho-Nurhidayat Haji Haris bisa menjadi pilihan utama. Kerjasamanya selama laga uji coba patut diberikan pujian dan tentu diharapkan dapat solid selama SEA Games 2019.

Gelandang: Evan Dimas, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu

© Instagram.com/evandimas
Evan Dimas saat berseragam Timnas Indonesia. Copyright: Instagram.com/evandimasEvan Dimas saat berseragam Timnas Indonesia.

Dengan dipanggilnya Evan Dimas dan Zulfiandi sebagai perwakilan tim senior, sudah pasti Indra Sjafri akan memaksimalkan mereka sebagai starting XI. Kebetulan keduanya sudah saling memahami dan mampu bekerja sama dengan baik membangun lini tengah yang solid.

Zulfiandi sempat dikatakan sebagai salah satu pemain yang paling menyita perhatian oleh Luis Milla, tentu ia akan dimainkan sebagai gelandang bertahan. Sedangkan untuk urusan kreatifitas, Evan Dimas akan dibantu oleh Syahrian Abimanyu yang punya agresifitas.

Striker: Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Saddil Ramdani

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Timnas Iran u-23 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Sabtu (16/11/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Timnas Iran u-23 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Sabtu (16/11/19).

Kehadiran Egy Maulana Vikri yang datang jauh-jauh dari Polandia tentu tidak akan disia-siakan oleh Indra Sjafri untuk menempatkannya sebagai pemain utama di penyerang sayap. Kecepatan dan agresifitas Egy Maulana Vikri akan menjadi masalah bagi lini pertahanan lawan di SEA Games.

Untuk mengimbangi Egy Maulana Vikri, nama Saddil Ramdani patut dikedepankan, apalagi ia punya visi dan kecepatan yang sangat baik dan berbahaya.

Dua gol yang dicetak saat melawan Iran tampaknya sudah cukup menjawab keraguan publik kalau Muhammad Rafli layak jadi penyerang tengah Timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2019.

© INDOSPORT
Starting XI Terbaik Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 Copyright: INDOSPORTStarting XI Terbaik Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019