Liga Inggris

Terungkap! Inilah Alasan Masuk Akal Tottenham Berani Rekrut Jose Mourinho

Rabu, 20 November 2019 15:51 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, membeberkan alasan masuk akal kenapa mereka memutuskan untuk merekrut Jose Mourinho menggantikan Mauricio Pochettino. Copyright: © INDOSPORT
Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, membeberkan alasan masuk akal kenapa mereka memutuskan untuk merekrut Jose Mourinho menggantikan Mauricio Pochettino.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Liga Inggris, Tottenham Hotspur, membeberkan alasan masuk akal kenapa mereka memutuskan untuk merekrut Jose Mourinho menggantikan Mauricio Pochettino.

Tottenham Hotspur memang telah resmi mendepak pelatih mereka, Mauricio Pochettino, pada Rabu, 20 November 2019 dini hari lantaran dianggap kurang mumpuni dalam mengembalikan kejayaan klub yang berjuluk The Spurs itu di Liga Inggris musim ini.

Pochettino memang sudah angkat kaki dari klub London utara itu setelah Tottenham hanya mampu menempati peringkat 14 di klasemen sementara Liga Inggris, dengan hanya menorehkan 14 poin, hasil dari tiga kali menang, lima kali imbang, dan empat kali kalah.

Situasi ini akhirnya membuat mereka berpikir cepat dan langsung merekrut mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, pada Rabu, 20 November 2019. Hal tersebut diumumkan melalui akun Twitter dan laman resmi Tottenham Hotspur.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportsmole, The Spurs ternyata punya pertimbangan sendiri kenapa mereka memilih untuk merekrut sosok kontroversial yang pernah menyebut dirinya sendiri sebagai 'The Special One' itu. Ternyata, hal tersebut karena prestasi yang pernah diraih oleh Mourinho.

"Kami percaya dia akan membawa energi dan keyakinan baru di ruang ganti pemain. Jose adalah satu dari sekian pelatih sepak bola kelas dunia yang mampu memenangkan 25 trofi senior. Dia dikenal melalui taktik permainannya ketika masih menjadi pelatih FC Porto, Inter Milan, Chelsea, Real Madrid, dan Manchester United," tulis pihak Tottenham.

"Dia telah memenangkan gelar domestik di empat negara yang berbeda (Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol) dan menjadi satu dari tiga pelatih yang mampu memenangkan Liga Champions sebanyak dua kali dengan dua klub, yaitu FC Porto di 2004 dan Inter Milan di 2010. Dia juga telah mencetak tiga gelar Liga Inggris bersama Chelsea (2005, 2006, 2015)," tutup mereka.

Mourinho akan menjadi pelatih baru Tottenham untuk kontrak sampai 2023 mendatang. Hal ini tentu menjadi kabar yang sangat baik bagi dirinya, jika melihat Mourinho yang pernah mengatakan bahwa ia sangat merindukan sepak bola dan ingin kembali ke lapangan hijau sebagai pelatih.

Jika dihitung sampai sejauh ini, termasuk klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur total sudah ada delapan klub yang dilatih oleh Jose Mourinho, yaitu Benfica (2000), Uniao de Leiria (2001-2002), Porto (2002-2004), Chelsea (2004-2007 dan 2013-2015), Inter Milan (2008-2010), Real Madrid (2010-2013), Manchester United (2016-2018), dan Tottenham Hotspur (2019-xxx).