In-depth

Perubahan Wajah Klub di Paruh Kedua Liga 1: Persib Positif, Tira Persikabo Negatif

Kamis, 21 November 2019 20:08 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Tampaknya ada perubahan yang cukup signifikan terhadap wajah klub di paruh kedua Liga 1 2019 seperti Persib yang tampil positif, sedangkan Tira Persikabo negatif. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Tampaknya ada perubahan yang cukup signifikan terhadap wajah klub di paruh kedua Liga 1 2019 seperti Persib yang tampil positif, sedangkan Tira Persikabo negatif.

INDOSPORT.COM - Tampaknya ada perubahan yang cukup signifikan terhadap wajah klub di paruh kedua Liga 1 2019 seperti Persib yang tampil positif, sedangkan Tira Persikabo negatif.

Ajang Liga 1 telah memainkan sejumlah laga pada pekan ke-28 sejak Rabu (20/11/19). Semua klub berlomba untuk meraup tiga poin penting.

Pasalnya posisi setiap klub belum cukup aman. Sehingga mereka tampaknya bakal memaksimalkan enam pertandingan sisa musim ini.

Bahkan ada dua klub, yakni Persib dan Tira Persikabo yang terlihat memiliki cukup perbedaan yang signifikan pada putaran pertama dan kedua Liga 1.

Para penggemar sepak bola nasional pun diperkirakan luput dari pandangan seperti ini. Maka dari itu tak ada salahnya untuk melihat lebih jelas.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi saat dihadang pemain PS Tira Persikabo, Selasa (10-06-2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain Persib Bandung, Febri Hariyadi saat dihadang pemain PS Tira Persikabo, Selasa (10-06-2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Pertama mari simak perbedaan kiprah Persib. Pada putaran pertama Maung Bandung kerap mendapat hasil minor dan sempat bertengger di urutan ke-13.

Persib hanya meraih empat kemenangan, tujuh hasil imbang, dan enam kekalahan. Catatan tersebut cukup buruk untuk klub yang pernah juara Liga Super Indonesia 2014.

Lalu ketika memasuki paruh kedua, dimana kepala pelatih Robert Rene Alberts merekrut tiga pemain asing idaman, permainan Persib mulai membaik.

Sejauh ini Persib hanya kalah sekali dari Madura United (2-1). Sisanya Supardi Nasir dan kolega meraup enam kemenangan dan tiga kali imbang.

Hal tersebut membuat Persib merangsek ke urutan enam dengan mengumpulkan 40 poin. Jumlah tersebut masih bisa bertambah mengingat Persib bakal bersua Barito Putera di kandang, Minggu (24/11/19).

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Frets Listanto Butuan saat berduel dengan pemain PS Tira Persikabo, Selasa (10/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain Persib Bandung, Frets Listanto Butuan saat berduel dengan pemain PS Tira Persikabo, Selasa (10/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Bertolak ke sisi Tira Persikabo, yang mana pada putaran pertama mampu tampil luar biasa. Racikan kepala pelatih Rahmad Darmawan membuat lawan kesulitan.

The Army bahkan mampu tak terkalahkan dalam 13 pertandingan pada paruh pertama. Tira Persikabo sempat menghuni peringkat pertama selama enam pekan.

Tira Persikabo membuat lima hasil imbang, sembilang kemenangan, dan hanya kalah dua kali. Namun kekalahan kedua sangat menyakitkan usai dibantai Persela, 6-1.

Memasuki paruh kedua, performa Tira Persikabo malah menurun, termasuk posisi mereka yang saat ini berada di urutan sembilan dengan 38 poin.

Selama mengarungi paruh kedua, Tira Persikabo tak kunjung meraih kemenangan. Total enam hasil seri dan lima kekalahan dialami Osas Saha dan kolega.

Melihat Persib dan Tira Persikabo terpampang jelas kalau dua klub itu memiliki perbedaan yang timpang dalam urusan performa saat ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%