Liga Italia

Tak Ingin Jilat Ludah Sendiri, Francesco Totti Enggan Kembali ke AS Roma

Sabtu, 23 November 2019 15:18 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© getty images
Francesco Totti mengaku tidak akan kembali lagi ke klub Liga Italia AS Roma usai memutuskan mundur pada musim panas lalu. Copyright: © getty images
Francesco Totti mengaku tidak akan kembali lagi ke klub Liga Italia AS Roma usai memutuskan mundur pada musim panas lalu.

INDOSPORT.COMFrancesco Totti mengaku tidak akan kembali lagi ke klub Serie A Italia, AS Roma. Pria asal Italia itu tak ingin menelan ludahnya sendiri usai keluar dari jajaran manajemen Giallorossi pada musim panas lalu.

“Saya orang yang cukup sensitif. Jika saya sudah memutuskan mundur, saya tidak akan kembali lagi. Jika AS Roma meminta kembali, saya akan mengatakan tidak demi menghormati keputusan diri sendiri,” ucap Totti dilansir dari Football Italia.

Totti mundur usai merasa tidak banyak dilibatkan sebagai direktur tim. Di samping itu, hubungannya dengan Presiden AS Roma, James Pallotta, juga merenggang. Keputusan mundur kemudian diambil meski diakuinya sangat sulit.

Mundurnya Totti juga sekaligus menutup perjalanan kariernya di Roma selama 30 tahun. Pria berusia 43 tahun ini berkarier sebagai pemain di Giallorossi sejak 1989 hingga 2017. Setelahnya, ia dua tahun duduk di kursi manajemen.

AS Roma sendiri dirumorkan akan dijual ke investor asal Amerika Serikat. Namun, Totti menanggapinya dengan ketus. Ia merasa bahwa kehadiran orang dari luar tidak akan pernah membuat Roma maju.

“Saya ragu jika AS Roma bisa berkembang pesat di tangan orang asing. Namun, siapa pun pemilik dan presidennya, saya berharap Roma bisa membawa gelar, entah itu Serie A Italia ataupun Liga Champions,” ujar Totti.

Francesco Totti sendiri belum duduk di jajaran kursi kepelatihan atau manajemen klub mana pun usai mundur dari AS Roma. Untuk ke depannya, Er Pupone mengisyaratkan ingin melatih sekaligus berbagi pengalamannya kepada pemain muda.