Liga Italia

Alasan Coretan Merah di Pipi Saat Laga Juventus, Inter Milan hingga AC Milan di Serie A Italia

Minggu, 24 November 2019 06:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Mirror
Coretan merah di pipi Paulo Dybala saat pertandingan Serie A Italia giornata ke-13 antara Atalanta vs Juventus, Minggu (24/11/19) dini hari tadi WIB. Copyright: © Mirror
Coretan merah di pipi Paulo Dybala saat pertandingan Serie A Italia giornata ke-13 antara Atalanta vs Juventus, Minggu (24/11/19) dini hari tadi WIB.

INDOSPORT.COM - Berbagai klub besar Serie A Italia seperti Juventus, Inter Milan hingga AC Milan di giornata ke-13, Minggu (24/11/19) dini hari tadi terlihat coretan merah di pipi para pemain.

Ya, coretan merah di pipi para pemain memang terlihat hampir di semua pertandingan yang dilaksanakan di giornata ke-13 Serie A Italia yang dimainkan pada Minggu dini hari tadi.

Seperti yang kita lihat pada pertandingan antara Atalanta vs Juventus, di mana Paulo Dybala hingga Gonzalo Higuain bermain 90 menit dengan coretan merah di pipi mereka.

Tidak hanya Juventus, ada juga pertandingan yang mempertemukan dua klub raksasa Serie A Italia antara AC Milan vs Napoli di San Siro.

Baik para pemain AC Milan seperti Giancomo Bonaventura yang nampak jelas saat dia selebrasi gol, ada coretan merah di pipinya. Begitu juga dengan Napoli, pencetak gol mereka di laga tadi, Hirving Lozano juga melakukan hal serupa.

© sscnapoli.it
Jose Callejon juga memakai coretan merah di pipinya saat pertandingan Serie A Italia giornata ke-13 antara AC Milan vs Napoli, Minggu (24/11/19) dini hari tadi. Copyright: sscnapoli.itJose Callejon juga memakai coretan merah di pipinya saat pertandingan Serie A Italia giornata ke-13 antara AC Milan vs Napoli, Minggu (24/11/19) dini hari tadi.

Di laga Torino vs Inter Milan yang dimainkan pukul 02.45 WIB dini hari tadi juga mempertontonkan hal yang sama. Segaris tinta merah di bagian pipi para pemain.

Tentu bagi yang belum tahu, coretan merah di pipi para pemain yang berlaga di Serie A Italia dini hari tadi mengundang banyak tanya. Coretan merah itu adalah lipstik, yang merupakan seremonial khusus di Serie A Italia.

Seremonial yang menjadi rutinitas dilakukan klub-klub Serie A Italia yang berlaga di pengujung bulan November setiap tahunnya. Coretan lipstik tersebut ternyata punya alasan yang mulia yaitu melawan dan menghentikan kekerasan terhadap perempuan.

Untuk di Italia sendiri, seremonial atau pergerakan ini dinamai #unrossoallaviolenza atau jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah kartu merah untuk kekerasan.

Gerakan ini dipelopori oleh sebuah organisasi dunia yang peduli dan secara vokal menolak kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia, yakni WeWorld Onlus.

Itulah alasan coretan merah di pipi para pemain saat giornata ke-13 Serie A Italia, termasuk klub-klub besar seperti Juventus, Inter Milan hingga AC Milan.

1