Liga Indonesia

Jatuh Cinta Kepada Stadion Batakan, Kemenpora Rasakan Sensasi Sepak bola Eropa

Minggu, 24 November 2019 19:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT/Getty Images
Perbandingan Stadion Batakan dan Stadion Emirates milik klub sepak bola Liga Inggris, Arsenal. Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Perbandingan Stadion Batakan dan Stadion Emirates milik klub sepak bola Liga Inggris, Arsenal.

INDOSPORT.COM - Ajang 47th Asian Schools Football Championship (ASFC) 2019 telah usai. Hajatan yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, ini menghasilkan Thailand sebagai juara.

Indonesia sebagai tuan rumah yang diwakili timnas pelajar U-18 harus puas menempati peringkat ketiga. Meski gagal juara, penikmat sepak bola Tanah Air sepertinya patut berbangga hati.

Sebab, Stadion Batakan yang notabene venue kegiatan ini mendapat pujian setinggi langit. Diutarakan oleh Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto bahwa Batakan sudah seperti stadion bertaraf Eropa, bahkan membuat dirinya jatuh cinta.

"Saya jatuh cinta terhadap stadion ini. Banyak stadion di Indonesia sudah saya datangi, beberapa stadion di Eropa pun pernah saya jajal, seakan-akan saya datang ke sini serasa datang ke Eropa," ucap Gatot, Sabtu (23/11/19). 

"Modelnya indah tidak hanya di dalam, tanpa trek atletik seperti menonton di Stadion Emirates milik Arsenal, Camp Nou (Barcelona), atau Santiago Bernabeu (Real Madrid)," cetusnya.

Meski indah dan megah, Batakan ternyata masih menyimpan kekurangan, seperti akses jalan yang menuju dan meninggalkan stadion itu hanya satu. Gatot Dewa Broto pun meyakini ke depannya pemerintah daerah dan pusat akan menyempurnakan stadion ini.

"Nilai minus ini sebenarnya bisa di balik menjadi nilai positif, karena kita sama-sama tahu nanti ibu kota Indonesia dipindah ke Kalimantan. Harapannya saat paket pembangunan Ibu Kota juga harus memperhatikan perawatan stadion-stadion yang ada," tutur Gatot. 

"Ibaratnya, daripada membangun yang baru, kenapa tidak memanfaatkan yang ada saja. Saya yakin kekurangan yang ada ini akan diperhatikan oleh pemerintah pusat karena terus terang Kalimantan Timur sedang banyak dilirik Presiden Joko Widodo," pungkasnya.

Sekadar mengingatkan, Kalimantan Timur memang memiliki cukup banyak stadion megah peninggalan PON 2016. Selain Batakan, masih ada Aji Imbut (Tenggarong) dan Palaran (Samarinda).