Liga Indonesia

Beto Goncalves Buka-bukaan Alasan Sepak Bola Indonesia Sulit Berkembang

Senin, 25 November 2019 17:44 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© maduraunited.fc
Pemain Madura United, Beto Goncalves membeberkan beberapa faktor yang membuat para pemain Indonesia susah berkembang. Copyright: © maduraunited.fc
Pemain Madura United, Beto Goncalves membeberkan beberapa faktor yang membuat para pemain Indonesia susah berkembang.

INDOSPORT.COM - Pemain Madura United, Beto Goncalves membeberkan beberapa faktor yang membuat para pemain Indonesia susah berkembang.

Hal itu diungkapkan oleh Beto Goncalves saat berbincang dengan vlogger asal Brasil, Felipe Valdes. Dalam video tersebut, Beto mengungkapkan bahwa ia sudah 14 tahun di Indonesia.

Dengan demikian, pemain asal Brasil itu sudah cukup mengenal karakteristik sepak bola di Indonesia. Namun, Beto Goncalves mengungkapkan bahwa berkarier di Indonesia tidaklah mudah.

"Untuk menonjol di Brasil lebih sulit karena ada banyak pemain bagus. Menonjol di Indonesia lebih mudah tetapi harus bekerja lebih keras," ujar Beto.

Dari situ Felipe Valdes penasaran mengapa selama ini sepak bola Indonesia susah berkembang.

"Tadi kalian bilang orang Indonesia lebih fanatik, ada banyak pendukung. Tetapi mengapa sepak bola Indonesia tidak menonjol di dunia?" tanya Felipe.

Beto Goncalves pun membeberkan soal kurangnya ambisi dari pemain Indonesia untuk maju dan berkembang. Kebanyakan para pemain Indonesia lebih suka berada di zona nyaman ketimbang mencoba tantangan untuk mengembangkan diri.

"Para pemain Brasil, sejak kecil ingin bersaing, kita ingin menang. Tetapi pemain Indonesia lebih santai, akomodatif, tidak seambisi kayak pemain Brasil," jawab Beto Goncalves.

"Tidak ingin ke luar negeri untuk bermain bola, disini saja sudah cukup. Ketika sudah dapat cukup uang untuk membeli mobil, rumah, dan membantu orang tua, itu sudah cukup."

"Mereka perlu paham harus lebih kompetitif, bisa maju lagi, gak ada yang cukup. Tidaklah cukup untuk ada banyak orang fanatik kalo tidak ada semangat kemenangan," sambungnya lagi.

Terlepas dari hal itu, Beto Goncalves kini harus fokus untuk memulihkan cedera hamstring yang dideritanya. Akibat cedera tersebut, Beto harus tercoret dari skuat Timnas Indonesia yang akan berjuang di SEA Games 2019.