Bola Internasional

Pemain Buangan Juventus Bawa Al Hilal Juara Liga Champions Asia 2019

Senin, 25 November 2019 02:01 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Al Hilal baru saja mengakhiri penantian 19 tahun mereka untuk menjadi juara Liga Champions Asia 2019 dengan kemenangan 2-0 atas Urawa Red Diamonds, Minggu (24/11/19) kemarin.

Al Hilal sah menjadi juara Liga Champions Asia dengan memenangkan laga final leg kedua yang diselenggarakan di Stadion Piala Dunia 2002 Saitama, Jepang.

Bermain di negara sendiri, Urawa Red tak bisa menjebol gawang Al Hilal yang bermain rapat. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Barulah babak kedua, Al Hilal mengambil alih pertandingan dan mencetak gol pertama mereka lewat Salem Al Dawsari menit ke-74, memanfaatkan umpan dari jebolan Juventus, Sebastian Giovinco.

Urawa Red terlihat kesulitan untuk mengembangkan permainan mereka. Al Hilal pun memastikan gelar juara Liga Champions Asia saat jebolan Liga Inggris, Bafetimbi Gomis cetak gol di akhir laga.

Gomis yang pernah membela Swansea City, berhasil cetak gol menit ke-93 memanfaatkan umpan tarik dari Andre Carrillo yang penetrasi ke kotak penalti.

Dengan satu golnya yang membawa Al Hilal juara Liga Champions Asia, Gomis pun dinobatkan menjadi top skor kompetisi ini dengan torehan 11 gol.

© twitter.com/Alhilal_EN
Bafetimbi Gomis menjadi top skor saat Al Hilal Juara Liga Champions Asia 2019 usai mengalahkan Urawa Red Diamonds di final leg kedua, Minggu (24/11/19) malam WIB. Copyright: twitter.com/Alhilal_ENBafetimbi Gomis menjadi top skor saat Al Hilal Juara Liga Champions Asia 2019 usai mengalahkan Urawa Red Diamonds di final leg kedua, Minggu (24/11/19) malam WIB.

Tentunya penampilan Giovinco dan Gomis memang menjadikan lini depan Al Hilal salah satu yang tajam di kompetisi ini. Apalagi mengingat, Giovinco pernah memperkuat Juventus, sebelum 'dibuang' secara permanen ke Toronto FC pada 2015 lalu.

Dalam perjalanan mereka menjadi kampiun kompetisi sepak bola tertinggi di benua Asia ternyata tak berjalan mulus. Dari babak 16 besar, sebanyak 4 tim top Asia mereka berhasil kalahkan.

Di babak 16 besar, Al Hilal berhasil menyingkirkan klub satu negaranya, Al Ahli dengan skor agregat 4-3. Mereka kalah di leg kedua dengan skor 1-0, tapi pada leg pertama, berhasil menang 4-2. Lolos dengan keunggulan gol tandang.

Babak selanjutnya, Al Hilal juga harus bertemu klub Arab Saudi, Al Ittihad. Tapi mereka berhasil menang mulus dengan menang skor agregat 3-1 di babak perempatfinal Liga Chapmions Asia.

Setibanya di babak semifinal, Al Hilal lagi-lagi bertemu dengan klub Asia Timur Tengah dari Qatar, yaitu Al Sadd yang saat ini diperkuat oleh gelandang Timnas Spanyol, Gabi.

Tapi Al Hilal tak menemui kesulitan, mereka berhasil memastikan langkah ke final dengan menang skor agregat 5-6 atas Al Sadd.

Di babak final Liga Champions Asia 2019, Al Hilal juga berhasil menang dua leg sekaligus atas wakil Jepang, Urawa Red Diamonds.

Susunan Pemain Urawa Red Diamonds vs Al Hilal

Urawa Red Diamonds: Shusaku Nishikawa, Takuya Iwanami, Daisuke Suzuki, Tomoaki Makino, Daiki Hashioka, Ewerton, Takuya Aoki (Yuki Abe 88’), Takahiro Sekine, Kazuki Nagasawa (Yosuke Kashiwagi 63’), Fabricio (Kenyu Sugimoto 71’), Shinzo Koroki

Al Hilal: Abdullah Al-Mayouf, Mohammed Al-Breik (Abdullah Al-Hafith 80’), Jang Hyun-soo, Ali Al-Bulaihi, Yasser Al-Shahrani, Salman Al-Faraj, Abdullah Otayf (Mohammad Al-Shalhoub 90+4’), Andre Carrillo, Sebastian Giovinco (Mohamed Kanno 88’), Salem Al-Dawsari, Bafetimbi Gomis