Bola Internasional

Beda dari Agnez Mo, 3 Pemain Eropa ini Mau Mengakui Punya Darah Keturunan Indonesia

Rabu, 27 November 2019 12:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© worldfootball/fcutrecht/ajax
Sejumlah pemain Eropa diketahui pernah mengakui punya darah keturunan Indonesia, berbeda dengan pernyataan kontroversial penyanyi Agnez Mo belakangan. Copyright: © worldfootball/fcutrecht/ajax
Sejumlah pemain Eropa diketahui pernah mengakui punya darah keturunan Indonesia, berbeda dengan pernyataan kontroversial penyanyi Agnez Mo belakangan.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain Eropa diketahui pernah mengakui punya darah keturunan Indonesia, berbeda dengan pernyataan kontroversial penyanyi Agnez Mo belakangan.

Nama penyanyi Agnes Monica memang tengah menjadi sorotan publik. Artis yang akrab disapa Agnez Mo ini membuat heboh lantaran diduga tak mau mengakui kalau dirinya punya darah Indonesia.

Pernyataan Agnez Mo yang menimbulkan kontroversi kabarnya tersiar dalam video YouTube Build Series NYC. Agnez Mo yang diwawancarai presenter Kevan Kenney tentang keberagaman Indonesia, dianggap telah mengucapkan kalimat kontroversial.

"Katanya kamu beda dari orang kebanyakan di sana?" tanya presenter.

"Ya, karena saya sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Saya hanya lahir di Indonesia," jawab Agnez Mo.

Melihat hal tersebut, Agnez Mo sepertinya punya sikap berbeda ketimbang sejumlah pemain sepak bola Eropa. Beberapa bintang lapangan hijau Benua Biru diketahui ada yang pernah mengakui punya darah keturunan Indonesia.

Siapa sajakah para pemain Eropa yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam rangkuman berikut.

Ivar Jenner

© https://www.instagram.com/ivar.jenner/
Ivar Jenner, Wonderkid Indonesia di Eredivisie Belanda. Copyright: https://www.instagram.com/ivar.jenner/Ivar Jenner, Wonderkid Indonesia di Eredivisie Belanda.

Ivar Jenner merupakan pemain muda Belanda yang kini merumput bersama FC Utrecht U-16. Kiprahnya di sana terbilang cemerlang, sebab mampu mendapat kepercayaan untuk memegang jabatan kapten tim.

Setelah ditelusuri lebih jauh, Ivar Jenner ternyata punya darah keturunan Indonesia. Ia mengaku kalau mendapatkan hal itu dari garis keturunan ayahnya.

"Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa," ungkap Ivar Jenner kepada awak INDOSPORT.

"Orang tua saya lahir di Belanda, nenek saya juga tinggal di Belanda. Tapi, karena kakek saya lahir di Indonesia, saya ke depannya bisa memilih membela Timnas Indonesia," lanjut Ivar Jenner.

Tristan Gooijer

© https://www.instagram.com/tristangooijer/
Tristan Gooijer saat bermain bersama akademi Ajax Copyright: https://www.instagram.com/tristangooijer/Tristan Gooijer saat bermain bersama akademi Ajax

Tristan Gooijer merupakan pemuda kelahiran Belanda yang kini sedang merumput bersama Ajax Amsterdam. Masih berusia 15 tahun, Tristan Gooijer dipercaya untuk bermain di tim muda Ajax Amsterdam level U-16 dan U-17.

Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Tristan Gooijer dituliskan memiliki darah keturunan Indonesia. Status kewarganegaraan Tristan Gooijer dijelaskan oleh Transfermarkt ke dalam dua logo bendera, yakni Belanda serta Indonesia.

Tristan Gooijer ternyata membenarkan data yang ada pada situs Transfermarkt. Sang pemain menjelaskan bahwa memang ada darah keturunan Maluku yang mengalir di dalam tubuhnya.

"Saya memiliki darah keturunan Maluku yang didapat dari ibu saya," ungkap Tristan Gooijer kepada INDOSPORT.

Keziah Veendorp

© Erwin Otten/Soccrates/Getty Images
Pemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia Copyright: Erwin Otten/Soccrates/Getty ImagesPemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia

Nama Keziah Veendorp merupakan bintang Liga Belanda yang saat ini membela FC Emmen. Ia berposisi sebagai bek tengah, tapi handal pula bila ditempatkan di bek kanan.

Walau berkarier di Belanda, Keziah tetaplah tenar bagi kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, Keziah pernah mengaku punya darah keturunan Indonesia dan bersedia membela Skuat Garuda.

"Kakek saya dari Haria Saparua, sedangkan nenek saya dari Puerto Saparua. Tapi, ibu saya lahir di Belanda dan ayah saya juga," ucap Keziah kepada redaksi INDOSPORT.

"Saya ingin menjadi warga negara Indonesia dan membela Timnas. Tetapi saya masih harus mengurusi paspor saya terlebih dahulu," lanjut Keziah.

1