Liga Spanyol

Sadar Diri, Ernesto Valverde Sebut Selalu Sulit Jadi Pelatih Barcelona

Rabu, 27 November 2019 19:41 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Pelatih klub LaLiga Spanyol, Barcelona, Ernesto Valverde, mengungkapkan keluh kesahnya yang merasa tertekan karena tuntutan yang ia dapatkan sejak melatih Blaugrana. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih klub LaLiga Spanyol, Barcelona, Ernesto Valverde, mengungkapkan keluh kesahnya yang merasa tertekan karena tuntutan yang ia dapatkan sejak melatih Blaugrana.

INDOSPORT.COM - Pelatih klub LaLiga Spanyol, Barcelona, Ernesto Valverde, mengungkapkan keluh kesahnya yang merasa tertekan karena tuntutan yang ia dapatkan sejak melatih Blaugrana.

Melansir dari Bleacher Report, Valverde mengungkapkan tingginya ekspektasi yang dimiliki pecinta sepak bola terhadap pelatih di tim sekelas Barcelona membuatnya tertekan. Hal itu buah dari kritik-kritik tajam yang telah dilayangkan sejak dirinya menjabat sebagai pelatih Los Cules.

"Disini, di Barcelona, selalu akan muncul kritikan (cemoohan). Selalu seperti ini. Jika tidak karena satu alasan, maka karena alasan lainnya. Ketika kami menang dengan permainan buruk, mereka mengkritik. Ketika kami bermain baik namun tak menang, kami tetap dituntut menang," keluh Valverde.

Atas alasan tersebut, Ernesto Valverde mengaku tuntutan tersebut membuatnya tertekan. Bahkan menurutnya adanya kritikan ini karena para pecinta sepak bola yang melihat Barcelona selalu ingin mendapat suatu pelajaran dari timnya.

"Apa yang terjadi adalah disini mereka (pecinta sepak bola) menuntut sebuah pelajaran dalam sepak bola di setiap pertandingan kami dan terkadang kami tak mampu memberikannya," lanjutnya.

Barcelona sendiri memang memiliki citra sebagai salah satu tim LaLiga Spanyol yang menghibur dalam satu dekade terakhir. Permainan tiki-taka Blaugrana membuat beberapa klub Eropa lainnya meniru dan menjadikan klub asal Catalan tersebut role model dalam menerapkan permainannya.

Namun sejak ditangani Ernesto Valverde, banyak tudingan miring kepadanya yang dianggap merusak citra Barcelona. Terlebih Blaugrana di buat terpuruk musim lalu kala tersingkir secara menyakitkan di semifinal Liga Champions 2018-2019 dan takluk dari Valencia di ajang Copa Del Rey pada musim yang sama.