Bola Internasional

Timnas U-23 Konsumsi Daging Babi, Begini Solusi CdM di SEA Games 2019

Rabu, 27 November 2019 19:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara memberikan respons cepat terkait insiden Timnas Indonesia U-23 yang dilaporkan salah mengonsumsi makanan non halal. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara memberikan respons cepat terkait insiden Timnas Indonesia U-23 yang dilaporkan salah mengonsumsi makanan non halal.

INDOSPORT.COM - Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara memberikan respons cepat terkait insiden Timnas Indonesia U-23 yang dilaporkan salah mengonsumsi makanan non halal. Harry mengatakan pihaknya telah menyiapkan makanan beku untuk tiap cabang olahraga dan bisa diambil kapanpun.

Sebelumnya, media officer Timnas Indonesia U-23, Gatot Widakdo, mengaku kecewa lantaran pihak penyelenggara tidak memberi tanda antara makanan halal dan non-halal pada makanan yang disajikan.

"Pada janjinya akan ada dibedakan makanan halal dan non, tapi teknis di lapangan bisa saja beda. Tapi kami telah siapkan sendiri, mulai dari rendang, ikan cakalang dan lainnya yang frozen, ada tim konsumsi, itu ada rekomendasinya," kata Harry.

Lebih lanjut, CdM berharap tiap cabor di SEA Games 2019 berkoordinasi agar menghindari salah mengkonsumsi makanan non halal. Harry Warganegara juga mengingatkan apar atlet agar tidak terpengaruh insiden tersebut dan tetap fokus bertanding.

"Saya imbau seluruh tim agar coba mengakomodir. Kita harus konsentrsi saat bertanding jangan terpecah situasi diluar, misalnya tak ada air minum ya kita beli, kalau tak ada transportasi kita siapkan mobil back up makanya ada tim advance buat antisipasi semuanya," ucapnya.

"Misi kami adalah memastikan kenyamanan atlet. Kami juga ingatkan teman atlet juga kalau tak yakin makanan halal jangan makan atau bertanya dulu,  minta back menu yg ada sama kita, tim kita ada 24 jam semuanya medis, makanan, recovery di tiap venue," sambung Harry.