Bola Internasional

Timnas U-23 Tak Sengaja Makan Daging Babi di SEA Games, Ini Tanggapan Pedas PSSI

Kamis, 28 November 2019 07:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© officialpssi
Pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 dikabarkan mengkonsumsi makanan tidak halal ketika berada di Filipina. Copyright: © officialpssi
Pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 dikabarkan mengkonsumsi makanan tidak halal ketika berada di Filipina.

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 dikabarkan mengonsumsi makanan tidak halal ketika berada di Filipina. Hal ini dikarenakan faktor ketidaktahuan dan minimnya informasi yang diterima pemain Timnas Indonesia U-23.

Disinggung kabar ini, PSSI melalui Wakil Ketua Umum, Cucu Soemantri langsung bereaksi. Menurutnya kabar itu tidak benar.

Sebab, Cucu sebagai Wakil Ketua Umum PSSI suah tiba terlebih dahulu ke Manila, Filipina sebelum rombongan Timnas Indonesia U-23 tiba. Cucu juga sudah meminta secara langsung kepada pihak hotel dan juru masak hotel untuk memisahkan makanan pemain Timnas Indonesia U-23 dari yang tidak halal.

"Siapa yang menyebarkan pertama kali? Kita juga tidak tahu yang jelas saat tim kita datang saya sudah mendahului datang jadi makanan sudah kita relokasi mana yang halal mana yang tidak halal," tegas Cucu kepada awak media termasuk INDOSPORT di Manila, Filipina.

Cucu menambahkan memang hampir semua hotel di Filipina menyediakan makanan tidak halal. Namun dia sudah memberitahu kepada seluruh delegasi Timnas Indonesia U-23 akan pemisahan ini. Sehingga jelas makanan di bagian mana saja yang boleh mereka makan dan tidak boleh dimakan.

"Jadi saat tim datang sudah saya beritahu mana makanan yang tidak boleh atau yang sudah direlokasi sebelah mana. Kalau ada berita itu datangnya dari mana saya tidak tau, memang di hotel ada makanan yang halal dan tidak," tukasnya.

Sebelumnya, informasi ini ramai dibicarakan setelah stasiun televisi asal Filipina, GMA Network, melakukan wawancara dengan media officer Timnas Indonesia U-23, Gatot Widakdo, yang mengaku kecewa lantaran pihak penyelenggara tidak memberi tanda antara makanan halal dan non-halal pada makanan yang disajikan. 

Ia lalu menyatakan pemain Timnas U-23 tak sengaja mengonsumsi makanan tak halal tersebut.

1