Liga Indonesia

Ezechiel Dapat Kartu Merah, Ini Komentar Robert Rene Alberts

Jumat, 29 November 2019 13:37 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 2019, Persib Bandung, Robert Rene Albert mengeluhkan kinerja wasit saat lawan Bali United. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 2019, Persib Bandung, Robert Rene Albert mengeluhkan kinerja wasit saat lawan Bali United.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan komentar terkait kartu merah yang didapat Ezechiel N'Douassel pada laga tandang Liga 1 2019 menghadapi Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (28/11/2019). 

Menurutnya, kartu kuning kedua dari wasit yang membuat Ezechiel N'Douassel dikartu merah pada laga tersebut patut untuk dipertanyakan. Pasalnya, wasit tidak melihat sepenuhnya insiden pemainnya dengan Leonard Tupamahu yang juga diganjar kartu merah. 

"Momen ini tentunya layak menjadi perdebatan dan orang-orang yang menyaksikan dari televisi, tentunya punya opini berbeda. Tapi saya pikir wasit tidak sepenuhnya melihat insiden itu," keluh pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts seusai laga. 

Pelatih asal Belanda ini memberikan contoh, ketika ada benturan antara pemainnya dan pemain Bali United. Wasit yang dinilai tidak melihat insiden tersebut, malah memberikan pelanggaran untuk tuan rumah. 

"Dan saya beri kamu contoh yang bagus, di babak kedua, ada insiden di belakang wasit, satu pemain Persib dan satu pemain Bali dan keduanya jatuh. Wasit tidak melihat itu tapi dia malah memberi pelanggaran kepada Bali," kata Robert Alberts. 

Insiden tersebut, sama seperti saat benturan yang terjadi antara Ezechiel dan Leonard Tupamahu. Sehingga, pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini merasa heran dengan kepemimpinan wasit Aprisman Arnanda. 

"Itu sama seperti kartu yang diberikan, dia tidak benar-benar melihat kejadiannya. Jadi saya sedikit terkejut dengan keputusan itu. Dan berdasarkan penglihatan orang yang menyaksikan di televisi, itu bukan situasi yang layak untuk diberikan kartu merah atau kartu kuning kedua," jelasnya. 

Kartu merah yang didapat Ezechiel N'Douassel pada pertandingan pekan ke-29 tesebut, membuat pemain asal Chad ini bakal kembali abasen saat laga kandang kontra Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (03/12/2019). 

Sebelumnya, Ezechiel N’Douassel juga absen pada dua pertandingan Liga 1 2019 kandang Persib Bandung  saat menghadapi Arema FC dan Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat.