Liga Indonesia

Lepas Rahmad Darmawan, 3 Pelatih Berlisensi UEFA Pro Bisa Ditunjuk Tira Persikabo

Jumat, 29 November 2019 20:43 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Sedikitnya ada 3 pelatih berlisensi UEFA Pro yang bisa ditunjuk Tira Persikabo pasca melepas juru taktik Rahmad Darmawan, Jumat (29/11/19). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Sedikitnya ada 3 pelatih berlisensi UEFA Pro yang bisa ditunjuk Tira Persikabo pasca melepas juru taktik Rahmad Darmawan, Jumat (29/11/19).

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 pelatih berlisensi UEFA Pro yang bisa ditunjuk Tira Persikabo pasca melepas juru taktik Rahmad Darmawan, Jumat (29/11/19).

Rahmad Darmawan menjelaskan kalau dirinya sudah bertemu dengan manajemen dan membahas kelanjutan nasibnya menukangi The Army di Liga 1 2019.

"Mungkin menurut manajemen pencapaian target dirasa belum sesuai dengan harapan," kata Rahmad kepada awak media di Jakarta.

Bukan tanpa sebab, Tira Persikabo mengambil sikap tersebut. Pasalnya The Army sempat menggila di paruh pertama tetapi melemepem pada putara kedua Liga 1.

Melihat kekosongan kursi kepelatihan, manajemen Tira Persikabo tampaknya bakal mengambil tindakan. Sebab Liga 1 tinggal menyisakan lima pertandingan lagi.

Meski demikian ternyata ada pelatih asing yang memiliki lisensi EUFA Pro bisa saja ditunjuk oleh manajemen Tira Persikabo.

Sekadar informasi kalau lisensi UEFA Pro dikeluarkan oleh UEFA lewat federasi sepak bola masing-masing negara kawasan Eropa dan berlaku selama dua tahun.

Dengan memegang lisensi UEFA Pro, para pelatih bisa menangani klub teratas tiap liga di berbagai negara, termasuk tim nasional.

1. Marian Mihail

© Getty Images
Pelatih Rumania Marian Mihail yang diisukan akan bergabung ke PSM Makassar. Copyright: Getty ImagesPelatih Rumania Marian Mihail yang diisukan akan bergabung ke PSM Makassar.

Kepala pelatih asal Rumania Marian Mihail yang juga bisa ditunjuk oleh manajemen Tira Persikabo untuk mengisi pos yang ditinggalkan Rahmad Darmawan.

Marian Mihail mendapatkan lisensi UEFA Pro sejak Juni 2004 silam. Ia rela pulang ke kampung halamannya pasca melatih klub asal Arab Asudi Al-Riyads SC (2003/2004) demi mendapat lisensi penting ini.

Pelatih yang sedang menganggur ini, pada Desember 2018 silam, pernah menuturkan ingin menukangi klub Liga 1. Bahkan PSM sempat dirumorkan bakal dilatih Marian.

2. Alfred Riedl

© affsuzukicup
Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, saa diwawancari awak media. Copyright: affsuzukicupPelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, saat diwawancari awak media.

Juru taktik kelahiran Austria Alfred Riedl bisa menjadi opsi bagi manajemen Tira Persikabo untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Rahmad Darmawan.

Terlebih Saat ini Riedl sedang menganggur. Meski sempat dinyatakan menukangi Persebaya beberapa waktu lalu, tetapi ada sebuah kendala yang membuat hal tersebut tak terjadi.

Riedl juga pernah membesut PSM Makassar pada awal 2015 lalu. Tidak lama, pada pertengahan 2015, dia akhirnya mengundurkan diri.

3. Dejan Antonic

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Madura United, Dejan Antonic saat konferensi pers seusai pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (23/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih Madura United, Dejan Antonic saat konferensi pers seusai pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (23/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Pelatih asal Serbia Dejan Antonic saat ini sedang menganggur pasca mengundurkan diri dari Madura United. Dirinya bisa ditunjuk oleh Tira Persikabo.

Dejan telah mengantongi lisensi UEFA Pro sejak Desember 2015 silam. Bahkan dirinya masuk ke dalam tiga besar dari 75 pelatih yang ikut kursus tersebut.

Terlebih Dejan pernah menangani Arema Indonesia (2012-13), Pro Duta (2013), Pelita Bandung Raya (2013-15), Persib Bandung (2016), hingga Borneo FC (2018).