Liga Indonesia

Tak Bertaji di Tandang, Suporter Sebut PSM Makassar Butuh Jiwa Pemimpin

Jumat, 29 November 2019 12:00 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© Media PSM Makassar
Skuat klub Liga 1 2019, PSM Makassar berlatih di Lapangan Yogyakarta International School (YIS) sebagai persiapan melawan PSIS Semarang beberapa hari yang lalu. Copyright: © Media PSM Makassar
Skuat klub Liga 1 2019, PSM Makassar berlatih di Lapangan Yogyakarta International School (YIS) sebagai persiapan melawan PSIS Semarang beberapa hari yang lalu.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar semakin tidak bertaji pada laga tandang diajang Shopee Liga 1 2019. Suporter pun menyebut klub kebanggaannya itu membutuhkan sosok pemimpin di atas lapangan.

Adalah Sekretaris Jenderal Red Gank PSM, Sadakati Sukma yang mengucapkan hal tersebut. Pasukan Ramang disebut membutuhkan sosok kapten yang disegani di atas lapangan.

Sebab, buruknya mental dan motivasi bermain ditenggarai menjadi penyebab rentetan hasil buruk di kandang lawan pada Liga 1 2019. PSM Makassar menelan 11 kekalahan dan hanya tiga kali imbang dari 15 laga tandang.

"Saya melihat ada masalah komunikasi terjadi di tubuh PSM. Jiwa kepemimpinan seorang kapten di atas lapangan tidak terlihat," ungkap Sadat sapaan akrabnya kepada INDOSPORT via telepon.

"Seperti ada masalah komunikasi dan beban psikologis diantara pemain, pemain dengan pelatih, dan pemain dengan manajemen. Darije tidak memiliki cara untuk menyelesaikan itu," tambah ia.

Selain itu, Sadat juga menyoroti kebijakan transfer paruh musim PSM. Menurutnya, manajemen melakukan transfer yang sia-sia dalam diri Raphael Maitimo.

"Siapa yang meragukan komposisi pemain PSM yang ada sekarang? Tapi Maitimo tidak hadir sebagai pembeda sejak awal direkrut dan itu sangat rawan karena justru akan merugikan klub," jelas ia.

Meski demikian, Sadat juga tidak bisa menutup mata bahwa Darije Kalezic kesulitan meramu susunan pemain di setiap laga. Sebab, PSM Makassar selalu kehilangan sekitar empat pemain bahkan lebih disetiap laga pada beberapa bulan terakhir.

PSM Makassar sendiri saat ini menempati peringkat kelima di klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Armada Darije Kalezic mengoleksi 42 poin dari 29 laga yang telah dimainkan.