Liga Indonesia

Tak Kunjung Menang Tandang, Pelatih PSM Makassar Ungkap Alasan Baru

Jumat, 29 November 2019 08:12 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© Alvin Syaptia/INDOSPORT
Duel pemain PSM Makassar vs PSIS Semarang dalam pertandingan Liga 1 2019 pekan ke-29. Copyright: © Alvin Syaptia/INDOSPORT
Duel pemain PSM Makassar vs PSIS Semarang dalam pertandingan Liga 1 2019 pekan ke-29.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar tak kunjung memenangkan laga tandang diajang Shopee Liga 1 2019.

Pelatih Darije Kalezic pun mengungkap satu alasan baru lagi yang menyebabkan hasil tersebut terjadi pada tim besutannya, PSM Makassar.

Terbaru, Pasukan Ramang kembali takluk dari PSIS Semarang di Stadion Mochamad Soebroto, Magelang dengan skor tipis 0-1. Laga tersebut merupakan lanjutan pekan ke-29 Liga 1 2019.

Hasil tersebut menjadi kekalahan tandang ke-11 dari total 14 laga tandang di musim ini. Armada Darije Kalezic hanya mampu meraih tiga kali imbang dan tidak sekalipun meraih kemenangan.

Sebelumnya, Darije Kalezic menyebut faktor motivasi pemain, jadwal padat, dan banyaknya pemain absen menjadi alasan buruknya performa tandang PSM Makassar di musim ini. Namun, pada sesi konferensi pers setelah laga melawan PSIS Semarang, Darije menyebut satu alasan yang baru lagi.

© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic. Copyright: Adriyan Adirizky/INDOSPORTPelatih klub LIga 1 2019, PSM Makassar, Darije Kalezic.

"Kenapa kami belum memenangkan laga tandang musim ini? Sedangkan mampu mengamankan hampir seluruh laga kandang, itu disebabkan banyak faktor," ungkap Darije.

"Faktor yang paling utama yakni bagaimana tim terbentuk dari awal musim. Karena setelah 10 bulan, saya tahu persis apa yang tim butuhkan untuk memenangkan laga tandang," tambah ia.

Meski terpuruk di laga tandang, pelatih sepak bola berlisensi UEFA Pro ini tetap bangga PSM Makassar bisa mempersembahkan kemenangan kepada suporter ketika bermain di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Performa laga kandang PSM di musim ini memang sangat impresif. Mereka meraih 13 kemenangan dan dua kali kalah dari 15 laga kandang di musim ini.

PSM Makassar kini menempati urutan kelima di klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan raihan 42 poin dari 29 pertandingan.