Liga Indonesia

3 Eks Pelatih Timnas Indonesia yang Bisa Ditunjuk Tira Persikabo Gantikan Rahmad Darmawan

Sabtu, 30 November 2019 08:21 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga pertandingan Tira-Persikabo vs Persib Bandung pada Liga 1 2019, Sabtu (14/09/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga pertandingan Tira-Persikabo vs Persib Bandung pada Liga 1 2019, Sabtu (14/09/19).

INDOSPORT.COM - Tiga mantan pelatih Timnas Indonesia ini bisa jadi alternatif pilihan manajemen Tira Persikabo, untuk mencari sosok pengganti Rahmad Darmawan di sisa musim Liga 1 2019.

Sebuah kabar mengejutkan datang dari kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019. Rahmad Darmawan dipecat dari kursi pelatih Tira Persikabo pada Jumat (29/11/19) kemarin.

Latihan di Lapangan Pusdikzi, Bogor, Jumat pagi jadi hari terakhir pria yang juga mantan pemain Timnas Indonesia tersebut melatih penggawa Laskar Padjajaran.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Rahmad Darmawan, usai bertemu dengan manajemen. Performa yang kian merosot jadi faktor utama dirinya tersingkir.

"Mungkin menurut manajemen pencapaian target dirasa belum sesuai dengan harapan," kata Rahmad kepada awak media olahraga di Jakarta.

Seperti diketahui, Tira Persikabo bersama RD -sapaan karib Rahmad Darmawan- sempat menggebrak di awal kompetisi Liga 1 2019, dimana mereka tak terkalahkan dalam 13 pertandingan (8 menang, 5 imbang).

Penampilan impresif mereka terhenti di pekan ke-14 saat dikalahkan Bali United 1-2. Sejak hasil pertandingan itu, Osas Saha dan kolega terus mengalami menurunan performa. 

Bahkan dalam 15 pertandingan terakhir, Tira Persikabo hanya bisa meraih satu kali kemenangan, sementara sisanya berakhir imbang (6) dan kalah (8).

Saat ini, Tira Persikabo bertengger di peringkat ke-12 dengan koleksi 38 poin dari 29 pertandingan dalam tabel klasemen Liga 1 2019.

Meski mengalami performa yang buruk, RD sendiri sejatinya ingin bertahan dan menyelesaikan tugasnya hingga tuntas, karena kompetisi tinggal menyisakan lima pertandingan lagi.

"Karena tinggal lima pertandingan. Tapi keputusan sudah dibuat dan saya juga bisa mengerti sekali lagi," sambung pelatih berusia 53 tahun.

Lantas, siapa pelatih yang cocok untuk menangani Tira Persikabo untuk sisa musim ini menggantikan Rahmad Darmawan? Berikut beberapa kandidat yang bisa dirilik manajemen, berlabel eks pelatih Timnas Indonesia yang saat ini menganggur.

1. Alfred Riedl

Juru taktik kelahiran Austria, Alfred Riedl bisa menjadi opsi bagi manajemen Tira Persikabo untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Rahmad Darmawan.

Terlebih Saat ini Riedl sedang menganggur. Meski sempat dinyatakan menukangi Persebaya beberapa waktu lalu, tetapi ada sebuah kendala yang membuat hal tersebut tak terjadi.

Riedl juga pernah membesut PSM Makassar pada awal 2015 lalu. Tidak lama, pada pertengahan 2015, dia akhirnya mengundurkan diri. 

Selain PSM, Persebaya juga pernah bersepakat dengannya. Namun karena faktor kesehatan dan proses administrasi yang belum rampung membuat manajemen Bajul Ijo memilih membantalkan kontraknya.

2. Simon McMenemy

Jika kesulitan mendatangkan Alfred Riedl, manajemen Tira Persikabo bisa coba melakukan pendekatan dengan mantan pelatih Timnas Indonesia terbaru, Simon McMenemy.

Saat ini pria asal Skotlandia itu tengah menganggur, setelah dipecat oleh PSSI lantaran gagal mengangkat performa Skuat Garuda di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dari segi prestasi, Simon sendiri punya reputasi yang mentereng karena pernah membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 2017 lalu dan sudah mengenal kultur sepak bola nasional.

3. Ivan Kolev

Ivan Kolev mungkin bisa jadi kandidat yang paling memungkinkan, untuk dijadikan pelatih tim utama Tira Persikabo ataupun caretaker.

Sebab, mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 lalu itu, saat ini sedang jadi pengangguran setelah didepak oleh Persija awal musim ini.

Bagi Ivan Kolev, Tira Persikabo bukanlah klub yang asing karena ia pernah menjadi pelatih tim ini saat masih bernama PS TNI dua musim lalu. Kala itu ia mampu membawa The Army finis di peringkat ke-12.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%