Bola Internasional

3 Hal Krusial yang Perlu Diketahui dari Undian Euro 2020 Hari Ini

Sabtu, 30 November 2019 13:20 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Drawing atau undian putaran final Euro 2020 akan dilangsungkan pada hari ini, Sabtu (30/11/19) di ROMEXPO, Bukares, Rumania mulai pukul 18.00 waktu setempat. Copyright: © INDOSPORT
Drawing atau undian putaran final Euro 2020 akan dilangsungkan pada hari ini, Sabtu (30/11/19) di ROMEXPO, Bukares, Rumania mulai pukul 18.00 waktu setempat.

INDOSPORT.COM – Drawing atau undian putaran final Euro 2020 akan dilangsungkan pada hari ini, Sabtu (30/11/19) di ROMEXPO, Bukares, Rumania mulai pukul 18.00 waktu setempat atau Minggu (1/12/19) pukul 00.00 WIB. Berbeda dari edisi 2016, ada beberapa hal krusial yang wajib diketahui dalam undian Euro 2020 kali ini.

Sebelumnya, UEFA telah membagi negara-negara peserta Euro 2020 ke dalam empat pot unggulan, termasuk nantinya empat negara yang lolos ke putaran final melalui jalur play-off akan ditempatkan di Pot 4.

Pot 1 dihuni oleh negara-negara besar, yakni Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol serta Ukraina. Sedangkan di Pot 2 diisi oleh juara dunia 2018 Prancis, lalu ada Swiss, Kroasia, Belanda, dan Rusia.

Sementara itu, sang juara bertahan Portugal ditempatkan di Pot 3 bersama Turki, Denmark, Austria, Swedia, dan Republik Ceko. Untuk Pot 4 ditempati oleh Wales, Finlandia, dan empat negara yang lolos melalui jalur play-off.

Berdasarkan pot tersebut, nantinya  ke-24 kontestan Euro 2020 akan diundi menjadi enam grup dengan masing-masing grup diisi oleh empat tim. Berikut adalah tiga hal krusial yang perlu diketahui dari undian Euro 2020.

1. Tujuh tim sudah mengetahui grup yang akan mereka tempati

Tujuh tim yang lolos ke putaran final Euro 2020 melalui babak kualifikasi, yakni Italia, Rusia, Denmark, Belanda, Inggris, Spanyol, dan Jerman telah mengetahui grup yang akan mereka tempati. Hal ini karena ketujuh negara tersebut berstatus tuan rumah.

Italia dipastikan akan menghuni Grup A. Sementara Rusia dan Denmark akan masuk Grup B. Kemudian, Belanda akan menempati Grup C. Disusul Inggris yang akan bersaing di Grup D. Lalu Spanyol bakal berada di Grup E dan terakhir Jerman dipastikan berada di Grup F.

Selain karena status sebagai tuan rumah, grup ketujuh negara tersebut sudah diatur sedemikian rupa oleh UEFA agar mereka bisa memainkan setidaknya dua laga kandang di fase grup.

2. Tim-tim yang dipastikan tidak akan bertemu di fase grup

Selain sudah mengatur grup yang akan ditempati oleh ketujuh negara tuan rumah, UEFA juga mengatur agar Rusia dan Ukraina, serta Serbia, Kosovo, dan Bosnia (dengan catatan lolos dari babak play-off) tidak bertemu di fase grup babak penyisihan Euro 2020. Hal ini dikarenakan situasi politik yang melibatkan negara-negara tersebut.

Rusia dan Ukraina tidak dipertemukan di grup yang sama berdasarkan keputusan Komite Eksekutif UEFA. Sedangkan Serbia, Kosovo, dan Bosnia tidak akan bertemu di babak penyisihan grup karena ketiga negara tersebut sama-sama bertanding di babak play-off dan berada di pot yang sama.

3. Grup untuk tim-tim yang lolos melalui play-off

Selain 20 tim yang sudah memastikan lolos ke putaran final, ada 16 tim yang akan berebut empat tiket sisa melalui babak play-off. Empat negara yang menjuarai jalur play-off akan ditempatkan di Grup C, D, E, dan F.

UEFA sendiri membagi babak play-off menjadi empat jalur, yakni Jalur A (Islandia, Bulgaria, Hungaria, Rumania), Jalur B (Bosnia, Slovakia, Republik Ceko, Irlandia Utara), Jalur C (Skotlandia, Norwegia, Serbia, Israel), dan Jalur D (Georgia, Makedonia Utara, Kosovo, Belarusia).