Liga Indonesia

Abduh Lestaluhu Bongkar Keterpurukan Tira Persikabo dan Fakta di Balik Pemecatan RD

Sabtu, 30 November 2019 14:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bek kiri Tira Persikabo, Abduh Lestaluhu akhirnya angkat bicara terkait hasil buruk yang diterima tim di 14 laga terakhir Liga 1 2019. Ia mengatakan, kondisi tim yang belum pernah menang itu, salah satunya disebabkan ketimpangan kualitas pemain.

Abduh menjelaskan, pelatih Rahmad Darmawan pernah meminta tambahan pemain di putaran kedua, namun hal itu tidak sepenuhnya berjalan lancar. Kondisi tersebut ditambah dengan absennya beberapa pemain karena cedera dan dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia.

"Sebenarnya di putaran kedua Coach RD (sapaan Rahmad Darmawan) sudah minta tambahan pemain, karena kualitas pemain inti dengan cadangan itu berbeda. Ini bukan bermaksud mengecilkan teman-teman lain, tapi ini perbedaannya sedikit terasa," katanya.

"Jadi kalau ada istilah kehabisan bensin itu benar, karena kami bermain dengan 11 pemain dan cadangan. Saya rasa itu berpengaruh dan juga pemanggilan beberapa pemain ke Timnas," sambung Abduh.

Sebelumnya, Rahmad Darmawan pernah mengeluhkan kondisi ketimpangan pemain tersebut. Ia mengaku tak punya banyak pilihan ketika pemain andalannya dipanggil ke Timnas, sehingga timnya tak bisa maksimal.

Buntut belum pernah menang dari 14 laga terakhir, manajemen Tira Persikabo pun memilih mengakhiri kerja sama dengan Rahmad Darmawan. Kepergian pelatih 54 tahun itu pun cukup disesali oleh para pemain, mengingat kompetisi tinggal menyisakan lima laga.

"Kami tidak boleh berlarut-larut dengan kesedihan ini. Betul, kami sangat kehilangan tapi kami akan fight di lima laga ini terutama di dua laga home," tegas Abduh menyikapi pemecatan RD.

Tira Persikabo saat ini menempati peringkat ke-12 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan raihan 38 poin dari 29 laga. The Army hanya berjarak delapan angka dari penghuni zona degradasi, Perseru Badak Lampung.