Bola Internasional

3 Keuntungan Seorang Pemain Meraih Ballon d'Or

Senin, 2 Desember 2019 13:59 WIB
Editor: Juni Adi
© Indosport
Trofi Ballon D'or. Copyright: © Indosport
Trofi Ballon D'or.

INDOSPORT.COM - Salah satu penghargaan individu bergengsi di dunia sepak bola, Ballon d'Or 2019 akan segera diumumkan pada Senin (02/12/19) malam waktu sempat di Paris, Prancis.

Adapun tiga nama kandidat terfavorit yang bersaing tahun ini adalah Lionel Messi, Virgil Van Dijk dan Cristiano Ronaldo. Messi kembali masuk setelah dirinya tampil impresif sepanjang tahun 2019 ini.

Ia mampu membawa Barcelona merebut gelar LaLiga 2018-2019, dan menjadi top skor dengan 36 gol. Sayang, megabintang asal Argentina gagal membawa Blaugrana merebut gelar Liga Champions dan Copa del Rey.

Sementara Van Dijk, masuk nominasi setelah ia berhasil membawa Liverpool tampil gemilang di liga domestik, maupun level Eropa. Bahkan musim lalu ia membawa The Reds juara Liga Champions dan menjadi kandidat juara Liga Inggris musim ini.

Sedangkan Ronaldo, meski tidak terlalu bersinar musim lalu bersama Juventus, namanya masih diyakini adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Membantu La Vecchia Signora meraih dua trofi yakni Serie A dan Piala Super Italia.

Penghargaan Ballon d'Or sendiri digagas oleh salah satu majalah ternama asal Prancis, France Football pada tahun 1956. Wartawan menjadi juri untuk menentukan pemenangnya.

Masing-masing negara diberi satu wakil wartawan untuk memberikan satu suara dengan pilihan lima pemain terbaik yang berkarier di Eropa saat ini.

Lantas, apa keuntungan untuk pemain itu sendiri andai mereka bisa meraih penghargaan Ballon d'Or ini? Sebab, banyak sekali pesepakbola yang berlomba-lomba ingin meraihnya. Berikut ulasan keuntungannya:

1. Menambah Kepercayaan Diri

Meraih Ballon d'Or akan menjadi sebuah keuntungan bagi pelatih atau klub yang diperkuat sang pemain, karena kepercayaan diri mereka meningkat untuk terus tampil konsisten hingga akhir musim.

2. Meningkatkan Kualitas

Saking bergengsinya Ballon d'Or, membuat seorang pemain yang mendapatkannya dituntut terus tampil bagus di sepanjang musim. Ekspektasi yang tinggi dari fans, membuat mereka mau tidak mau harus meningkatkan kualitasnya.

Contohnya saja Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua nama tersebut selalu menjadi langganan masuk nominasi penghargaan bergengsi di dunia sepak bola, karena penampilannya yang konsisten dalam mencetak gol dan membantu tim meraih prestasi.

3. Menaikan Harga dan Gaji

Dan faktor yang paling berpengaruh terhadap seorang pemain jika mendapatkan Ballon d'Or adalah, mereka bisa menekan klub untuk menaikan gajinya.

Sebab, Ballon d'Or merupakan bukti dari kualitas seorang pemain yang sangat berkontribusi bagi klubnya sepanjang musim. Selain itu, mereka juga dapat menaikan harga jual di bursa transfer setelah meraih Ballon d'Or. 

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Luka Modric adalah beberapa nama yang mempunyai kelonjakan harga transfer, lantaran sejumlah prestasi individu yang pernah merek dapatkan.