Liga Inggris

Ketimbang Messi, Jurgen Klopp Sebut Virgil van Dijk Lebih Layak Raih Ballon d’Or 2019

Selasa, 26 November 2019 13:52 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Manajer klub sepak bola Liverpool, Jurgen Klopp, menilai Virgil van Dijk sangat layak meraih penghargaan Ballon d’Or 2019. Menurut Klopp, bek terbaik di Liga Inggris itu telah menunjukkan permainan gemilang pada tahun ini.

Sepanjang tahun 2019, Virgil van Dijk tampil luar biasa bersama Liverpool dan Timnas Belanda. Palang pintu 28 tahun itu mengantarkan The Reds meraih gelar juara Liga Champions dan Piala Super Eropa.

Tak hanya hebat di level klub, Van Dijk juga moncer bersama negaranya. Ia sukses memimpin Timnas Belanda berlaga di final UEFA Nations League 2018-2019, meski akhirnya harus kalah dari Portugal.

Performa gemilang Virgil van Dijk sepanjang tahun 2019 pun mendapat pengakuan dari banyak pihak, termasuk dari pelatihnya di Liverpool, Jurgen Klopp.

Bahkan, juru taktik asal Jerman itu menyebut Van Dijk sangat layak memenangkan Ballon d’Or 2019 ketimbang megabintang Barcelona, Lionel Messi.

“Jika Ballon d’Or diberikan pada pemain terbaik di generasi ini, maka gelar itu harus diberikan pada Lionel Messi. Namun jika harus diberikan pada pemain terbaik musim lalu, itu adalah Virgil van Dijk,” ungkap Jurgen Klopp, dikutip dari laman sepak bola internasional Sky Sports.

Sebagai pelatihnya di Liverpool, Klopp benar-benar mengetahui kualitas seorang Van Dijk. Oleh sebab itu, ia pun menjagokan anak asuhnya sebagai peraih anugerah Ballon d’Or tahun ini.

“Pemain terbaik dari semua yang ada adalah Lionel Messi. Pemain terbaik musim lalu? Itu adalah Van Dijk. Kita akan lihat nanti,” tegas Klopp.

Jika nantinya benar-benar meraih Ballon d’Or 2019, maka gelar individu Virgil van Dijk tahun ini akan semakin lengkap. Sebelumnya, Van Dijk telah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris 2018-2019 dan Pemain Terbak UEFA 2018-2019.