Liga Indonesia

4 Bek Amerika Latin Bisa Dikontrak Persiraja Selepas Naik ke Liga 1

Senin, 2 Desember 2019 15:55 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Indosport.com
4 Bek Amerika Latin Bisa Dikontrak Persiraja Selepas Naik ke Liga. Copyright: © Grafis: Indosport.com
4 Bek Amerika Latin Bisa Dikontrak Persiraja Selepas Naik ke Liga.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 4 bek asal Amerika Latin yang bisa dikontrak oleh Persiraja Banda Aceh selepas naik ke Liga 1 2020 mendatang.

Persiraja naik kasta tak lepas mampu tampil sampai babak perebutan tempat ketiga. Beruntung Laskar Rencong juga sukses menyabet tiket promosi.

Pasalnya Persiraja sukses mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, akhir November 2019.

Persiraja setidaknya harus menunggu setidaknya kurang lebih 12 tahun untuk bisa merasakan bagaimana atmosfer kasta sepak bola tertinggi Indonesia.

Maka kesempatan ini tak boleh disia-siakan oleh Persiraja. Mengingat perjuangan untuk naik kasta sudah cukup panjang dan berat.

Apalagi pagelaran Liga 1 rencananya bakal dihelat pada Maret 2020 menurut penuturan Direktur Utama PT LIB Dirk Soplanit belum lama ini.

Bahkan Presiden Persiraja Nazarudin Dek Gam menginginkan 80 persen skuat dipertahankan. Pasalnya mereka sukses membawa Laskar Rencong naik kasta.

Tetapi Persiraja bisa memanfaatkan jatah kuota pemain asing yang terdiri dari tiga non-Asia dan satu Asia (3+1) kala tampil di Liga 1.

Dengan demikian, tak ada salahnya bagi Persiraja untuk melirik sedikitnya 4 bek asal Amerika Latin yang bisa dikontrak oleh manajemen.

1. Ramon Rodrigues

© PerselaFootball
Ramon Rodrigues de Mesquita, pemain anyar Persela Lamongan. Copyright: PerselaFootballRamon Rodrigues de Mesquita, pemain anyar Persela Lamongan.

Bek Amerika Latin pertama yang bisa dikontrak oleh Persiraja kala tampil di Liga 1 adalah Ramon Rodrigues de Mesquita (Brasil).

Ramon Rodrigues sempat bermain untuk Persela Lamongan pada paruh kedua Liga 1 2017 lalu. Dirinya membuat 17 pertandingan dengan satu gol.

Ramon saat ini masih bermain untuk klub Thailand Nongbua FC dan kontraknya telah berakhir sejak 30 November 2019, berdasarkan laman Transfermarkt.

Ramon Rodrigues memiliki tinggi 189 cm dan kini berusia 31 tahun. Selain jadi bek tengah, Ramon bisa pula menempati posisi gelandang bertahan.

2. Reinaldo Lobo

© Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Reinaldo Lobo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta. Copyright: Kesuma Ramadhan/INDOSPORTReinaldo Lobo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta.

Kemudian ada Reinaldo Lobo (Brasil) yang juga berposisi sebagai bek asal Amerika Latin dan mungkin saja bisa dikontrak oleh Persiraja.

Mengingat Reinaldo Lobo sempat bermain untuk PSMS Medan di Liga 1 2018 dengan membuat tiga gol dari 27 pertandingan yang bek 31 tahun ini jalani.

Lalu bek dengan tinggi 186 cm ini juga pernah membela Mitra Kukar pada Indonesia Super League 2014 silam dan membuat tiga gol dari 24 laga.

Tak hanya menjadi bek, Reinaldo juga bisa bertindak sebagai gelandang bertahan berdasarkan catatan Transfermarkt. Saat ini dirinya tak memiliki klub.

3. Junior Lopes

© Twitter@IamPersiba
Lourival Junior de Araujo Lopes (kiri) saat masih berseragam Persiba Balikpapan di Liga 1 2017. Copyright: Twitter@IamPersibaLourival Junior de Araujo Lopes (kiri) saat masih berseragam Persiba Balikpapan di Liga 1 2017.

Bek asal Amerika Latin berikutnya yang kemungkinan dapat dikontrak oleh Persiraja usai naik ke Liga 1 2020 adalah Junior Lopes (Lourival Junior de Araujo Lopes).

Saat ini Junior Lopes kontraknya telah habis bersama Chonburi FC sejak 30 November 2019 berdasarkan data yang ditampilkan Transfermarkt.

Meski demikian Junir Lopes ternyata pernah bermain untuk Persiba Balikpapan pada pagelaran Liga 1 2017. Bek dengan tinggi 32 tahun ini tampil 15 kali dengan dua gol.

Selain itu market value Junior Lopes mencapai Rp2,8 miliar (158 ribu poundsterling) per 10 Juli 2017 berdasarkan data laman serupa.

4. Artur Jesus Vieira

© Ian Setiawan/Indosport.com
Pemain Barito Putera, Artur Vieira. Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comMantan pemain Barito Putera, Artur Vieira.

Bek kelahiran Amerika Latin, tepatnya Brasil, yakni Artur Jesus Vieira juga bisa menjadi opsi bagi Persiraja untuk dikontrak pada Liga 1 2020.

Artur Vieira saat ini tak memiliki klub usai dilepas Barito Putera pada paruh kedua Liga 1 2019 (24 Agustus lalu) berdasarkan data Transfermarkt.

Pemain kelahiran 29 tahun ini memiliki tinggi 188 cm. Sisi positifnya, Artur pernah bermain di Indonesia dan setidaknya sudah mengenal budaya lokal.

Barusan tadi adalah deretan pemain yang berposisi sebagai bek asal Amerika Latin yang bisa menjadi opsi bagi Persiraja untuk direkrut usai ke Liga 1.