Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persib vs Persela: Joko Tingkir Perkasa

Selasa, 3 Desember 2019 20:36 WIB
Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan mencoba memblok bola sepakan pemain Persela saat  pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (03/12/2019). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan mencoba memblok bola sepakan pemain Persela saat pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (03/12/2019).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung harus menelan pil pahit kala menjamu Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, dalam laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-30 pada Selasa (03/12/19) malam WIB. Dalam pertandingan itu, Maung Bandung kalah 0-2.

Kekalahan ini membuat Persib harus turun dua peringkat di tabel klasemen Liga 1 2019, dari urutan 7 ke posisi 10 dengan perolehan 41 poin. 

Sedangkan Persela, untuk sementara aman dari ancaman degradasi. Tambahan tiga poin membuat Laskar Joko Tingkir tertahan di peringkat ke-15, dengan 34 poin. Satu trip di atas zona merah.

Rangkuman Jalannya Pertandingan

Meski bermain di markas lawan, rupanya tidak membuat Persela gentar. Mereka langsung mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal.

Saat pertandingan baru berjalan tiga menit, Persela berhasil menebar ancaman melalui Alex meski. Namun sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa digagalkan kiper I Made Wirawan.

Gempuran yang terus dilancarikan Persela akhirnya berbuah manis. Pada menit ke-12 mereka mampu mencetak gol lebih dahulu, lewat Rafinha setelah menyambut umpan tendangan bebas Kei Hirose.

Unggul satu gol tidak membuat Persela mengendurkan serangan. Mereka justru semakin bernafsu untuk menambah gol dan berada di atas angin dalam memainkan bola.

Penyerang Persela, Alex Goncalves bahkan tercatat dua kali memberikan teror lewat sontekannya yang mampu melewati I Made Wirawan, tapi bola bisa dihalau oleh Achmad Jufriyanto di mulut gawang.

Sementara Persib yang hanya mengandalkan serangan balik tak bisa berbuat banyak. Serangan yang dibangun dan peluang yang diciptakan, kerap terpatahkan oleh barisan belakang Persela.

Pada menit ke-23, Persib Bandung mendapatkan peluang emas melalui Kevin Kippersluis. Sayang, tendangan dari Kippersluis masih bisa ditangkap oleh Dwi Kuswanto.

Hingga babak pertama berakhir, Persib masih tertinggal 0-1. Memasuki babak kedua, Persib Bandung berambisi menyamakan skor langsung tancap gas untuk menyerang.

Akan tetapi sial bagi Maung Bandung. Alih-alih mencetak gol, gawang I Made Wirawan malah kembali kebobolan. Kali ini gol bunuh diri Achmad Jufriyanto menit ke-56. 

Berawal dari sepak pojok untuk Persela, tendangan diambil oleh Kei Hirose. Gagal dihalau oleh I Made Wirawan, bola justru disundul oleh Jupe ke gawangnya sendiri. 

Tertinggal 2-0 membuat Persib Bandung semakin tertekan. Robert Rene Albert langsung memasukan amunisi serang baru yakni Esteban Viscarra menggantikan Frets Butuan menit ke-59.

Masuknya Viscarra ternyata banyak mengubah permainan. Ia memberikan dampak positif terhadap ritme lini tengah Persib, salah satunya dengan membuat peluang emas menit ke-64, melalui tendangan bebas.

Sayang bola masih bisa ditepis kiper Dwi Kuswanto. Petaka bagi Persela datang di menit ke-65, lantaran salah satu pemainnya Arif Satria mendapat kartu merah, setelah dianggap melakukan kontak fisik dengan Nick Kuipers.

Bermain dengan 10 orang di 35 sisa laga, harusnya bisa dimanfaatkan oleh Persib Bandung untuk mengejar ketertinggalan. 

Peluang kembali didapat Persib melalui tendangan bebas. Kali ini tendangan dari Kevin Kippersluis membentur pagar hidup dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dalam 15 menit terakhir, Persib mendominasi laga dan Persela lebih banyak bertahan untuk mengamakan tiga poin. Pada menit ke-83 Persela sempat membuat pendukung tuan rumah ketar-ketir.

Pasalnya, Persib nyaris kebobolan untuk ketiga kalinya setelah tendangan dari Rafinha mengarah ke gawang tapi masih tipis melebar. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 0-2 untuk keunggulan Persela Lamongan tak berubah.

Susunan Pemain

Persib: I Made Wirawan, Supardi, Achmad Jufriyanto, Nick Kuippers, Ardi Idrus, Omid Nazari, Abdul Aziz, Kim Kurniawan, Febri Hariyadi, Frets Butuan, Kevin Van Kippersluis.

Persela: Dwi Kuswanto, M. Zaenuri, Eky Taufik, Arif Satriya, Rafinha, Malik RIsaldi,Kei Hirose, I Hatuwe, Delfin Rumbino, Alex, Birrul Walidan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%