Bola Internasional

Menerka Calon Lawan Timnas U-23 di Semifinal SEA Games 2019

Selasa, 3 Desember 2019 09:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Sepak bola SEA Games 2019 akan segera memasuki babak semifinal. Berikut calon lawan Timnas U-23 jika lolos ke semifinal. 

Persaingan antar negara di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019 semakin sengit. Peta menuju babak semifinal sudah mulai terlihat terutama di Grup A. 

Myanmar sudah memastikan diri lolos ke babak semifinal dan menjadi juara Grup A karena poin yang mereka miliki sudah tidak akan terkejar. 

Sedangkan di Grup B yang dihuni Timnas Indonesia U-23, setidaknya perlu melihat hasil dari pertandingan ke-4 yang berlangsung hari ini. 

Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Brunei Darussalam di Binan Football Stadium, pukul 19.00 WIB. Egy Maulana Vikri dkk harus memenangkan pertandingan malam nanti untuk menjaga peluang lolos ke babak semifinal. 

Sambil menunggu pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Brunei, INDOSPORT terlebih dahulu akan menyajikan perhitungan calon lawan Timnas U-23 jika berhasil lolos ke babak semifinal SEA Games 2019. 

Jika Menjadi Runner Up Grup B

Timnas Indonesia U-23 kemunginan besar akan finis sebagai runner up Grup B. Apalagi saat ini Timnas Indonesia U-23 tertinggal 3 poin dari Vietnam, dan kalah selisih gol dari Thailand.

Apabila Timnas U-23 finis sebagai runner up Grup B, maka sudah bisa dipastikan yang akan menjadi lawan di babak semifinal adalah Myanmar. 

Myanmar sudah mengunci tempat di semifinal dengan status juara Grup A. Myanmar mengumpulkan 10 poin dari 4 pertandingan dan tak akan bisa terkejar lagi oleh negara lain di Grup A.

Jika Menjadi Juara Grup B 

Timnas Indonesia U-23 memang kemungkinan besar finis sebagai runner up Grup B. Tetapi peluang untuk menjadi juara Grup B tetap terbuka. 

Syaratnya, Timnas Indonesia U-23 harus mencetak banyak gol ke gawang Brunei dan Laos, serta Thailand dapat mengalahkan Vietnam pada laga terakhir Grup B. 

Jika itu terjadi maka Timnas U-23 bisa finis menjadi juara Grup B dan akan melawan runner up Grup A di babak semifinal. 

Runner up Grup A sendiri kini menjadi rebutan tiga tim yaitu Kamboja, Malaysia, dan Filipina. Pada laga terakhir, Kamboja akan melawan Malaysia, sedangkan Filipina melawan Timor Leste. 

Kamboja menjadi kandidat terdepan untuk lolos sebagai runner up Grup B. Syaratnya, Kamboja menang melawan Malaysia, dan Filipina menang dengan selisih gol tak lebih dari 5 atas Timor Leste. 

Kamboja juga masih akan lolos menjadi runner up Grup B jika bermain imbang melawan Malaysia, dan Filipina juga meraih hasil imbang. 

Sedangkan bagi Malaysia, untuk lolos Malaysia harus menang melawan Kamboja, dan Filipina menang dengan selisih gol tak lebih dari 5 atas Timor Leste. 

Tuan rumah Filipina sendiri bisa lolos ke babak semifinal dengan syarat Kamboja vs Malaysia bermain imbang, dan Filipina menang melawan Timor Leste. 

Namun seandainya Kamboja vs Malaysia tidak bermain imbang, maka Filipina harus bekerja keras dan mencetak lebih dari 5 gol ke gawang Timor Leste. 

Apabila melihat berbagai skenario yang ada, Timnas Indonesia U-23 kemungkinan besar akan melawan Kamboja jika berhasil lolos ke babak semifinal SEA Games 2019 sebagai juara Grup B.