Liga Indonesia

Setelah Shin Tae-yong dan Luis Milla, Ruud Gullit Resmi Jadi Kandidat Pelatih Timnas Indonesia

Rabu, 4 Desember 2019 13:21 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© zimbio.com
Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan mengaku sudah menghubungi Ruud Gullit sebagai kandidat pelatih tim nasional Indonesia. Copyright: © zimbio.com
Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan mengaku sudah menghubungi Ruud Gullit sebagai kandidat pelatih tim nasional Indonesia.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan mengaku sudah menghubungi kandidat pelatih baru untuk melatih tim nasional Indonesia. Kandidat itu adalah legenda sepak bola Belanda, Ruud Gullit.

Dilansir dari laman Antaranews, menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, PSSI sudah menjalin komunikasi dengan Gullit sejak pekan lalu. PSSI harus menunggu kepastian dari Gullit hingga akhir Desember mendatang.

"Kami sudah mengontak Ruud Gullit sejak seminggu yang lalu. Namun, belum ada respons dari dirinya," ungkap Iwan Bule di Binan, Filipina, Selasa malam usai menyaksikan laga Indonesia versus Brunei Darussalam.

"Mudah-mudahan ada kabar," sambung Iwan Bule.

PSSI sendiri berharap Timnas Indonesia sudah memiliki pelatih baru awal tahun 2020. 

Sebab, pada Maret 2020, Tim Garuda sudah akan menghadapi tuan rumah Thailand dalam lanjutan laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Ruud Gullit merupakan legenda sepak bola asal Belanda yang sudah perkuat banyak klub besar Eropa seperti PSV Eindhoven, AC Milan dan Chelsea serta menjadi bagian penting timnas Belanda.

Pria yang kini berusia 57 tahun itu juga pernah melatih beberapa klub seperti Chelsea, Newcastle United, LA Galaxy. Pada level timnas, peraih penghargaan Ballon d'Or 1987 ini pernah menjadi asisten pelatih timnas Belanda pada 1997.

Sebelum Gullit, nama Shin Tae-yong dan Luis Milla juga masuk bursa calon pelatih Timnas Indonesia. PSSI bahkan sudah melakukan pertemuan dengan kedua pelatih tersebut. 

Pertemuan dengan Shin terjadi di Kuala Lumpur pada Selasa (19/11/19), sementara dengan Luis Milla di Manila, Filipina, Jumat (29/11/19) lalu.

Penulis: Ahmad Fatih Qadri