Liga Indonesia

Apa Kabar Aswar Syamsuddin? Dani Alves-nya PSM di Era IPL

Kamis, 5 Desember 2019 13:42 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© instagram @aswarsyamsuddin21
Aswar Syamsuddin (21 jongkok kedua dari kiri) saat memperkuat PSM Makassar diajang IPL. Copyright: © instagram @aswarsyamsuddin21
Aswar Syamsuddin (21 jongkok kedua dari kiri) saat memperkuat PSM Makassar diajang IPL.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar pernah memiliki bek kiri yang kualitasnya sering dibilang mirip dengan Dani Alves, yakni Aswar Syamsuddin.

Keputusan PSM Makassar menyebrang dari Indonesia Super League (ISL) ke Indonesia Premier League (IPL) pada tahun 2011 silam menimbulkan pro kontra. Sebab keputusan itu dianggap sebuah kemunduran bagi Pasukan Ramang.

Namun, tiga musim berkiprah di IPL justru membuat klub berlogo perahu pinisi itu meraup keuntungan besar. Pelatih Petar Segrt saat itu sukses mematangkan sejumlah pemain akademi PSM.

Di antaranya, ada nama M. Rahmat dan Rasyid Bakri yang sampai saat ini menjadi tulang punggung PSM Makassar. Ada juga nama Hendra Wijaya yang pada putaran kedua musim ini berlabuh ke klub Liga 2, PSIM Yogyakarta.

Selain itu, ada nama Kurniawan Karman yang membela Badak Lampung FC. Ada juga Kaharuddin Salam yang sukses mengantarkan Martapura FC menembus babak 8 Besar Liga 2 2019.

Nama terakhir ialah Aswar Syamsuddin, pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan maupun kiri. Pemain kelahiran Makassar, 27 September 1990 yang dijuluki Dani Alves-nya PSM di era IPL. Lalu apa kabar Aswar Syamsuddin saat ini? Berikut redaksi berita INDOSPORT sampaikan untuk Anda.

© instagram @aswarsyamsuddin21
Aswar Syamsuddin bersama istri dan dua anaknya. Copyright: instagram @aswarsyamsuddin21Aswar Syamsuddin bersama istri dan dua anaknya.

Pemain yang mengawali karier di PSM U-21 sejak tahun 2008 hingga promosi ke tim senior tiga tahun kemudian ini sudah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2018 silam.

Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia U-23 ini menyebut faktor keluarga menjadi alasan utama yang memutuskan pensiun. Meskipun usianya masih tergolong muda yakni 28 tahun saat itu.

"Sekarang saya memutuskan untuk istirahat karena ingin dekat dengan keluarga. Terutama istri dan dua anak saya yang masih kecil," ungkap Aswar kepada INDOSPORT, Rabu (04/12/19).

Namun, Aswar yang pernah membela Barito Putera pada musim 2016 pasca mengakhiri kerjasama dengan PSM menyebut masih sesekali mengikuti turnamen tarkam.

© instagram @aswarsyamsuddin21
Aswar Syamsuddin (berdiri ketiga dari kiri) saat memperkuat Sidrap United diajang Liga 3 2017. Copyright: instagram @aswarsyamsuddin21Aswar Syamsuddin (berdiri ketiga dari kiri) saat memperkuat Sidrap United diajang Liga 3 2017.

"Kalau tarkam saya kadang-kadang ikut, asal ada panggilan saja. Itu juga untuk jaga kondisi dan tidak hilang sentuhan bermain bola," kata Aswar yang membela PSM dari tahun 2011 hingga 2015 ini.

Terakhir, Aswar menyebut julukan Dani Alves yang disandangnya ketika masih bermain untuk PSM diberikan langsung oleh pelatihnya saat itu yakni Petar Segrt.

Adapun Aswar terakhir kali membela klub Liga 3, Sidrap United pada musim 2017 silam. Ia sukses mengantarkan Sidrap United menjuarai Liga 3 Zona Sulsel dan berhasil menembus babak 16 Besar Liga 3 Zona Nasional.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%