Liga Indonesia

Apa Kabar Ronald Fagundez? Mantan Pemain PSM Makassar dan PSIS Semarang yang Kini Buka Toko

Jumat, 25 Oktober 2019 14:02 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
© Dok Pribadi Fagundez
Ronald Fagundez (Putih) Ketika Melakukan Turnamen Tarkam Copyright: © Dok Pribadi Fagundez
Ronald Fagundez (Putih) Ketika Melakukan Turnamen Tarkam

INDOSPORT.COM – Nama Ronald Fagundez pernah menjadi salah satu pemain asing hebat di kancah sepak bola Indonesia. Pasalnya pemain asal Uruguay ini pernah mengantarkan tim yang dibelanya yakni Persik Kediri menjadi juara Liga Indonesia tahun 2006.

Ketika itu, pemain kidal ini berhasil membawa Macan Putih mengalahkan PSIS Semarang di partai final Liga Indonesia yang digelar di Stadion Manahan, Solo. Di tim asal Jawa Timur tersebut, Fagundez bermain bersama dua rekannya asal Amerika Latin lainnya yakni Christian Gonzalez dan Danilo Fernando.

Dua rekannya itu juga masih menjadi sahabat bagi Fagundez hingga sekarang. Beberapa kali ia sempat mengajak keluarganya untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga kedua rekannya yang hingga kini masih aktif sebagai pesepakbola dan asisten pelatih di PSIM Yogyakarta dan PSS Sleman.

Fagundez sendiri saat ini tinggal di Kota Makassar dan mengurus sebuah bisnis bersama sang istri yang kebetulan orang asli Ibukota Sulawesi Selatan tersebut.

“Kabar saya sekarang baik, saat ini saya tinggal di Makassar bersama istri dan anak laki-laki saya untuk berbisnis membuka sebuah toko roti di salah satu mall,” ujar Fagundez kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (24/10/19).

Walaupun sedang menggeluti bisnis, namun ia tetap tak bisa lepas dari sepak bola. Selain masih sering melakulan turnamen tarkam, Fagundez juga tak lupa untuk selalu menyempatkan diri menonton pertandingan sepak bola ketika PSM bertanding.

Pasalnya ia mengaku bahwa separuh hidupnya tetap sepak bola dan akan berkarier di sepak bola sebagai seorang pelatih ke depannya.

“Saya sulit jauh dari sepak bola, saya beberapa kali tetap menyempatkan diri menonton PSM main di stadion secara langsung, selain itu saya saat ini sedang mengurus untuk mengambil lisensi kepelatihan,” tutur mantan pemain PSM tersebut.

Untuk mengurus lisensi kepelatihan, Fagundez juga mengaku dibantu oleh dua mantan bosnya yakni Nabil Husein ketika di Persisam Samarinda dan Yoyok Sukawi selaku CEO klub terakhirnya di kancah sepak bola Indonesia yakni PSIS Semarang.

“Saya dalam mengurus lisensi kepelatihan dibantu oleh Pak Nabil dan Pak Yoyok, rencananya tetap mengambil di Indonesia dan suatu saat melatih klub di Indonesia,” bebernya.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 28 ini juga memiliki harapan tersendiri untuk sepak bola Indonesia ke depannya. Ia menilai pembibitan pemain muda akan jauh lebih penting demi kemajuan sepak bola Tanah Air di masa yang akan datang.

“Saya berharap sepak bola Indonesia kedepan lebih fokus ke pembibitan pemain muda karena mereka-mereka ini masa depan pemain sepak bola yang bisa membela Timnas untuk berprestasi,” pungkas Fagundez.

2