Bola Internasional

Dikritik Usai Dilumat Kamboja, Pelatih Timnas Malaysia U-23 Cari Kambing Hitam

Kamis, 5 Desember 2019 14:59 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Hasriyasyah Sabudin/Berita Harian
Pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee, menyebut persiapan yang minim sebagai sumber kegagalan timnya di SEA Games 2019. Copyright: © Hasriyasyah Sabudin/Berita Harian
Pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee, menyebut persiapan yang minim sebagai sumber kegagalan timnya di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee, nampaknya belum bisa menerima kekalahan timnya dari Kamboja di ajang SEA Games 2019. Kini, juru taktik 48 tahun itu sibuk mencari kambing hitam atas penampilan buruk Shahrul Nizam dkk.

Setelah Malaysia takluk dari Kamboja dan gagal melaju ke semifinal SEA Games 2019, banyak pendukung Harimau Muda yang menyalahkan Ong Kim Swee. Menurut mereka, formasi 3-4-3 yang diterapkan Ong adalah sumber kegagalan di ajang SEA Games tahun ini.

Namun Ong Kim Swee menampik kritikan tersebut dan bersikeras tidak ada yang salah dengan formasi 3-4-3 yang menjadi andalannya.

Mantan gelandang Timnas Malaysia era 1990-an itu kemudian mencari kambing hitam dengan menyebut timnya hanya memiliki persiapan minim sebelum terjun di SEA Games 2019.

“Kami pernah mengalahkan Korea Selatan dengan formasi itu dan tidak ada orang yang mempermasalahkannya. Namun mengapa baru sekarang mereka sibuk membicarakan formasi yang saya gunakan.

“Coba tanyakan berapa lama Kamboja melakukan persiapan, begitu juga dengan Myanmar dan Filipina. Kami hanya datang dua atau tiga hari sebelum bertanding. Tentu hal tersebut akan mendatangkan masalah,” ucap Om King Swee, dikutip dari laman sepak bola Berita Harian.

Lebih lanjut, Ong Kim Swee juga menjadikan kondisi fisik para pemainnya sebagai penyebab kegagalan di SEA Games 2019. Terlebih, beberapa pemain di skuat Malaysia U-23 juga ada yang berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Ada beberapa pemain yang sering bermain dan ada yang tidak. Kami hanya memiliki persiapan beberapa hari setelah Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan situasi itu jelas kami membutuhkan lebih banyak waktu,” tandasnya.

Seperti diketahui, Malaysia secara mengejutkan takluk dari Kamboja dengan skor 1-3 pada pertandingan terakhir Grup A SEA Games 2019, Rabu (04/12/19) kemarin. Akibat kekalahan tersebut, pasukan Ong Kim Swee dipastikan gagal melaju ke babak semifinal.

Malaysia mengakhiri babak penyisihan cabang sepak bola SEA Games 2019 dengan menempati peringkat empat klasemen akhir Grup A. Mereka kalah bersaing dari Myanmar yang menempati puncak klasemen dan Kamboja yang berada di peringkat dua.